Jakarta (ANTARA) - Indonesia berencana mengikutkan 476 atlet pada SEA Games 2021 yang akan dimulai 12 Mei di Hanoi, Vietnam.

Mereka akan bertanding dan berlomba dalam 32 dari total 40 cabang olahraga yang dikompetisikan di Vietnam. Ke-32 cabang ini dianggap berpotensi meraih medali.

14 cabang di antaranya masuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON): angkat besi, atletik, balap sepeda, bulu tangkis, dayung, menembak, panahan, pencak silat, renang, senam, taekwondo dan wushu.

Sedangkan 18 cabang lainnya tak masuk DBON: tinju, voli indoor, voli pantai, boling, catur, jujitsu, judo, tenis, triathlon, sepak takraw, kickboxing, sepak bola, esport, anggar, basket, gulat, selam, vovinam, golf, dan futsal.

Jumlah 476 atlet ini hampir separuh dari 837 atlet yang diturunkan Indonesia dalam SEA Games 2019 di Filipina.

Berkompetisi dalam 56 cabang olahraga pada SEA Games 2019 itu, Indonesia finis urutan keempat dalam daftar perolehan medali dengan 72 medali emas, 84 medali perak dan 111 medali perunggu, di bawah tuan rumah Filipina, Vietnam dan Thailand.

Kini, dalam SEA Games Vietnam yang semestinya digelar tahun lalu namun urung karena pandemi, jumlah atlet Indonesia berada di bawah Thailand yang berencana mengirimkan 871 atlet, Filipina 656 atlet, Malaysia 612 atlet, dan tuan rumah Vietnam yang menurunkan atlet terbanyak, 965 orang.

Sebenarnya hampir semua peserta SEA Games 2021 menurunkan jumlah atlet pesertanya, namun Indonesia adalah salah satu yang paling besar memangkas kontingennya.

Padahal dalam banyak parameter, Indonesia lebih besar dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Thailand yang mendominasi sepuluh SEA Games dan tuan rumah Vietnam.

Luas wilayah Indonesia yang mencapai 1,9 juta km persegi hampir empat kali lipat Thailand dan enam kali lipat Vietnam. Indonesia juga berpenduduk paling banyak mencapai 267 juta atau empat kali lipat Thailand dan hampir tiga kali lipat Vietnam.

Produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang menurut Bank Dunia pada 2020 mencapai 1,05 triliun dolar AS juga dua dan tiga kali lipat dari masing-masing Thailand dan Vietnam yang mendominasi SEA Games belakangan ini.

Baca juga: Menpora hanya akan kirim cabang prioritas ke SEA Games Vietnam
Baca juga: Menpora isyaratkan kirim 17 cabang olahraga prioritas ke SEA Games



Berikut: SEA Games sebagai sasaran antara Indonesia

Copyright © ANTARA 2022