Jakarta (ANTARA) - Perempuan dinilai mempunyai kelebihan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang peternak unggul, demikian Direktur Akademi Peternakan Karanganyar Ir. Puji Astuti M.P.

"Perempuan dinilai memiliki kelebihan dalam beberapa aspek seperti ketangguhan, rajin, ulet, kuat, teliti dan pantang menyerah. Adapun kelebihan ini sangat dibutuhkan untuk menjadi peternak yang unggul," katanya dalam webinar “Peran Perempuan dalam Upaya Memajukan Sektor Peternakan Sapi Perah” yang digelar Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia bersama Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) dalam rangka perayaan Hari Kartini.

Puji lebih lanjut memaparkan para peternak perempuan masih sering menemukan tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Seperti pendidikan rendah, kesempatan rendah, tugas domestik dan kesempatan untuk totalitas dalam menjadi peternak akibat sulitnya membagi waktu. Untuk itu dukungan dari berbagai pihak, serta proses dorongan akan transformasi menjadi konsep peternakan yang lebih modern diperlukan dalam menciptakan peternak yang unggul," katanya dikutip Sabtu.

Transformasi dari tradisional ke modern di dunia peternakan membutuhkan kolaborasi oleh berbagai pihak. Untuk itu, Danone SN Indonesia bersama LPTP mengembangkan program Regenerasi Peternak Muda yang terfokus di tiga Kabupaten yakni Kabupaten Boyolali, Klaten dan Sleman.

Ratih Anggraeni - Head Climate, Water Stewardship, Danone Indonesia mengatakan program peningkatan mutu susu dan pemberdayaan peternak sudah dimulai sejak tahun 2012 dan telah memberikan manfaat bagi lebih dari 400 peternak di 3 kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

"Sejak tahun lalu, kami pun mengembangkan Program Regenerasi Peternak Muda yang berfokus untuk melahirkan peternak muda yang dapat meneruskan dan memastikan keberlanjutan peternakan skala rumah tangga dan usaha berbasis susu. Hal ini mendesak untuk dilakukan mengingat produksi susu dalam negeri meskipun mengalami peningkatan, masih belum memenuhi total kebutuhan nasional dan konsumsi susu per kapita di Indonesia pun masih terhitung rendah dibandingkan 6 negara lainnya di Asia Tenggara," katanya.

Program tersebut diimplementasikan melalui kemitraan bersama koperasi susu lokal dalam bentuk penyediaan fasilitas, penyusunan modul pelatihan Good Farming Practices atau budidaya ternak sapi perah, dan pengorganisasian pelatihan peternak. Selain itu, Danone SN Indonesia dan LPTP terus melakukan peningkatan keterampilan peternak muda melalui serangkaian pelatihan yaitu kegiatan pelatihan budidaya ternak sapi perah, pelatihan business plan usaha ternak, pelatihan inovasi pakan, serta penyediaan stimulasi teknologi pertanian dan pembuatan platform pembelajaran digital

Sementara itu Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman drh. Sri Rahayu Saddyahsih Nawang Wulan menambahkan peluang di dunia peternakan saat ini telah banyak berkembang.

"Pemerintah memiliki berbagai program dukungan seperti penyediaan sumber daya manusia pendukung, pelayanan pemerintah dalam hal puskeswan gratis, pengambilan sampel hewan maupun bahan pangan, pengujian laboratorium, rekomendasi perijinan, penguatan modal usaha maupun bantuan pemerintah dalam APBD. Rangkaian dukungan ini dihadirkan sebagai bentuk dukungan pengembangan para peternak, khususnya dalam menjawab peluang pada era peternakan modern," katanya.

Perempuan masih dianggap identik dengan peran domestik rumah tangga, padahal saat ini sudah banyak perempuan yang berpartisipasi aktif untuk perekonomian keluarga.

"Oleh karena itu, melalui program ini kami ingin lebih meningkatkan keterampilan peternak perempuan sehingga semakin berdaya agar dapat berkontribusi untuk menjaga kesehatan masyarakat baik dalam lingkup keluarganya melalui roda perekonomian yang dijalankan sebagai peternak," pungkas Ratih.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 menyatakan, Jawa Tengah dan Yogyakarta menjadi produsen susu segar terbesar di peringkat ketiga dan keempat di Indonesia dengan jumlah produksi mencapai 99,92 ribu ton dan 5,4 ribu ton. Akan tetapi mayoritas peternak sapi saat ini masih didominasi oleh laki-laki dengan usia sudah di atas 50 tahun. Lebih jauhnya, aktivitas dalam dunia peternakan selama ini dipandang hanya dilakukan oleh kaum pria saja. Padahal, perempuan sebagai bagian dari sebuah rumah tangga yang memiliki usaha peternakan memiliki dominasi domestik dalam aktivitas peternakan.

Baca juga: Peternak sapi di Afghanistan kesulitan untuk penuhi permintaan

Baca juga: Susu UHT rendah gula bisa jadi pilihan anak setelah usia 2 tahun
Baca juga: Jatim pertahankan posisi sentra produksi susu sapi tertinggi

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022