Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung arus mudik pada perayaan Idul Fitri tahun ini, di mana salah satunya adalah penyediaan sebuah panggung untuk menghibur para penumpang yang sedang menunggu bus.

"Kami menyediakan berbagai fasilitas, salah satunya fasilitas hiburan untuk menghibur para penumpang supaya tidak jenuh," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

Panggung berukuran 1,5 x 3 meter tersebut menghadirkan layanan karaoke yang diiringi organ dan kendang. Fasilitas hiburan tersebut tersedia pada H-7 atau pada Senin (25/4) hingga H-1 atau Minggu (1/4).

Revi memaparkan, Terminal Kalideres merupakan terminal konvensional yang dioperasikan sejak 1985. Dengan adanya penambahan jumlah penumpang pada masa arus mudik, pihak pengelola juga menambah fasilitas tenda untuk tempat tunggu penumpang.

Selain itu, pihak Terminal Kalideres bekerja sama dengan Kimia Farma untuk menyediakan layanan kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh para penumpang.

Fasilitas lainnya yang juga terdapat di Terminal Kalideres yaitu Palang Merah Indonesia (PMI), layanan antigen, pos keamanan yang terdiri dari Kepolisian dan TNI, serta layanan vaksin booster.

Fasilitas layanan vaksin booster dapat digunakan untuk penumpang yang ingin mendapatkan vaksin booster sebelum keberangkatan.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor Menhub nomor 38 th 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat pada masa COVID-19, di mana setiap pelaku perjalanan transportasi darat wajib menerima vaksin booster.

Seorang penumpang bernama Euis (24) mengaku senang dengan adanya fasilitas hiburan di Terminal Kalideres. Dengan hiburan tersebut, penumpang jadi merasa tidak mudah ngantuk untuk menunggu waktu keberangkatan bus.

"Senang sekali, jadi tidak mudah ngantuk. Karena kan kita bawa barang yang harus dijaga. Kalau ditinggal tidur kan lumayan khawatir. Hiburan ini juga tidak membuat jenuh saat menunggu," ujar Euis,

Euis juga berencana menggunakan fasilitas lainnya yang tersedia di Terminal Kalideres, seperti fasilitas kesehatan gratis.

Baca juga: Terminal Kalideres berangkatkan 10.349 penumpang hingga H-2
Baca juga: Pengelola Terminal Kalideres pastikan pengemudi prima sebelum bertugas
Baca juga: Puncak arus mudik di Terminal Kalideres terjadi pada H-3

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022