Ini sangat membantu karena tidak perlu antre
Banyumas (ANTARA) - Sejumlah pemudik yang telah sampai di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, merasa terbantu dengan adanya layanan vaksinasi COVID-19 di Pos Pengamanan (Pospam) Ajibarang Operasi Ketupat Candi 2022 Polresta Banyumas.

Saat ditemui usai menjalani vaksinasi di Pospam Ajibarang, Sabtu, salah seorang pemudik Suratman (55) mengaku jika sebenarnya telah sampai di kampung halamannya, Desa Windunegara, Kecamatan Wangon, Banyumas, sejak Jumat (29) namun baru menyempatkan diri untuk divaksin.

"Tadi divaksin dosis ketiga. Ini sangat membantu karena tidak perlu antre," kata pria yang selama ini bekerja di Karawang, Jawa Barat.

Selain mengikuti anjuran pemerintah, kata dia, vaksinasi dosis ketiga itu juga dalam rangka meningkatkan imunitas agar kebal dari COVID-19.

Baca juga: Pospam Lebaran di Kudus siapkan 1.426 dosis vaksin

Baca juga: Petugas pospam di Banyumas diminta skrining status vaksin pemudik


"Selama di Karawang, yang ada di pikiran hanya kerja. Giliran ada waktu untuk vaksinasi, ternyata antre, jadi baru sempat sekarang," katanya.

Pemudik lainnya, Della Rizky (25) mengaku sengaja datang ke Pospam Ajibarang untuk sekadar mendapatkan vaksinasi dosis ketiga untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan perusahaan tempat dia bekerja.

"Untuk persyaratan tempat kerja di Semarang karena sebentar lagi akan WFO (Work From Office), sehingga wajib 'booster' (vaksin penguat/dosis ketiga)," kata warga Ajibarang itu.

Dia mengaku puas atas layanan vaksinasi di Pospam Ajibarang karena prosesnya cepat dan tidak perlu antre.

Vaksinator dari RSUD Ajibarang, Soni Handoyo mengatakan pihaknya mendapat tugas sif pagi untuk melayani vaksinasi di Pospam Ajibarang.

"Dari pagi hingga siang ini, ada dua orang yang divaksin. Tadi juga ada pemudik yang singgah, namun hanya konsultasi," katanya.

Layanan vaksinasi sif siang, kata dia akan dilayani oleh petugas medis fasilitas kesehatan lainnya yang dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas.

Baca juga: Polri siapkan 2.702 posko amankan Mudik Lebaran 2022

Baca juga: Arus mudik di Banyumas masih terkendali

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022