Kami sudah sosialisasi ke para penumpang, tapi kebanyakan masih fokus untuk mudik. Meskipun ada beberapa yang bersedia mengunduh untuk mendapatkan cek kesehatan gratis
Jakarta (ANTARA) - Pemudik yang menggunakan transportasi darat melalui Terminal Kalideres, Jakarta Barat, bisa menggunakan fasilitas cek kadar gula darah atau asam urat gratis dengan mengunduh aplikasi Kimia Farma Mobile.

"Penumpang bisa mengunduh Kimia Farma Mobile yang tujuannya bisa membeli obat atau vitamin yang dibutuhkan setelah cek kesehatan, melalui aplikasi tersebut," kata petugas Kimia Farma di Terminal Kalideres, Afif yang ditemui di Jakarta, Sabtu.

Menurut Afif, belum banyak penumpang yang memanfaatkan fasilitas tersebut, karena fokus untuk melakukan mudik Idul Fitri.

"Kami sudah sosialisasi ke para penumpang, tapi kebanyakan masih fokus untuk mudik. Meskipun ada beberapa yang bersedia mengunduh untuk mendapatkan cek kesehatan gratis," ujar Afif.

Sejak beroperasi pada H-7 atau Senin (25/4) hingga H-2 atau Sabtu (30/4), sebanyak 54 pemudik di Terminal Kalideres memanfaatkan fasilitas gratis dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

"Pemudik yang menggunakan fasilitas ini paling banyak di H-6 atau saat hari kedua kami beroperasi. Itu ada 25 orang," ujar Afif.

Menurut Afif, hasil dari tes kesehatan tersebut bervariasi, di mana terdapat penumpang yang kadar gula dan asam uratnya tinggi, namun sebagian lainnya normal.

Apabila hasilnya tinggi, Afif selanjutnya memberikan rekomendasi obat atau vitamin yang aman untuk dikonsumsi.

Selain memberi fasilitas kesehatan gratis, Kimia Farma juga menjual secara langsung obat dan vitamin di Terminal Kalideres. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan obat dan vitamin para penumpang yang ingin mudik.

Baca juga: Terminal Kalideres berangkatkan 10.349 penumpang hingga H-2
Baca juga: Terminal Kalideres sediakan fasilitas hiburan untuk penumpang
Baca juga: Puncak arus mudik di Terminal Kalideres terjadi pada H-3


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022