Saat Lebaran kami hanya memberikan libur pada pagi hari pertama Lebaran karena sebagian dari anak-anak dan ofisial yang beragama Islam
Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket putri Indonesia merayakan Lebaran di Surabaya karena masih harus menjalani pemusatan latihan (TC) sebagai persiapan menghadapi SEA Games 2021 Vietnam yang akan bergulir 12-23 Mei.

“Saat Lebaran kami hanya memberikan libur pada pagi hari pertama Lebaran karena sebagian dari anak-anak dan ofisial yang beragama Islam. Tapi sore kami sudah latihan seperti biasa," kata Asisten Pelatih Timnas Putri July Wong dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

July menuturkan timnas putri tidak bisa meninggalkan pemusatan latihan karena masih banyak hal-hal yang perlu dimatangkan. Adapun saat ini latihan sudah memasuki fase pematangan strategi menerapkan game plan yang telah diberikan pelatih kepala timnas putri Lin Chi Wen sejak Februari lalu.

Baca juga: PP Perbasi rilis daftar pemain timnas putri untuk SEA Games Vietnam

Ia menambahkan anak-anak asuhnya juga kini sudah mulai menunjukkan permainan yang padu setelah menjalani pelatnas lebih kurang dua bulan.

Chemistry sesama pemain sudah kelihatan. Kini tinggal matangkan lagi sistem anak-anak. Sejauh ini kami telah empat kali scrimmages game melawan tim-tim putra,” katanya.

July menjelaskan bahwa untuk menghadapi SEA Games XXXI, dirinya telah menunjuk kapten pada masing-masing tim. Untuk timnas putri 5x5 akan dipimpin Henny Sutjiono, sementara Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma menjadi kapten tim timnas 3x3.

"Henny adalah sosok yang kuat, tidak pernah menyerah dan selalu memberi contoh yang baik di dalam dan luar lapangan. kami berharap Henny bisa jadi leader di dalam dan luar lapangan," jelasnya.

"Kami pilih Ayu menjadi kapten (timnas 3x3) karena bisa mengayomi, menenangkan anak-anak dan leader yang baik di lapangan," tambah dia

Timnas bola basket putri 5x5 rencananya akan bertolak ke Vietnam pada 14 Mei. Mereka dituntut harus bisa menyumbang medali di SEA Games edisi ke-31 itu, memperbaiki catatan edisi sebelumnya ketika meraih perunggu.

Baca juga: Pelatih bilang timnas 3x3 putri punya modal bagus untuk SEA Games 2021
Baca juga: Tim basket putri Indonesia untuk SEA Games Hanoi jalani TC di Surabaya


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022