Tangerang (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto mengecek situasi arus mudik di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu.

Dalam kunjungannya itu, Fadil dan Untung memeriksa pos pelayanan masyarakat yang tersedia di Terminal 3 serta sempat menyapa para penumpang yang menunggu waktu keberangkatan.

“Dari hasil peninjauan semua berjalan lancar, tertib. Menurut laporan Posko Terminal 3 belum ada kejadian menonjol kecuali keramaian karena peningkatan volume,” kata Fadil usai meninjau situasi arus mudik di Terminal 3.

Ia lanjut menyampaikan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, dan Komando Daerah Militer Jayakarta (Kodam Jaya) terus siaga membantu kelancaran arus mudik tahun ini.

Baca juga: Mahfud ingatkan pemudik tidak terburu-buru dan beristirahat jika lelah

Dalam kesempatan yang sama, Mayjen Untung juga menyampaikan kesiapannya membantu Polda Metro Jaya dan instansi lainnya dalam membantu pemudik kembali ke kampung halamannya selama periode libur lebaran.

“Kami, Kodam Jaya bersama Polda dan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan, Red.) baik dari instansi lainnya, yang pertama, menyampaikan kami siap membantu Polda memberikan kenyamanan bagi para pemudik, baik itu menggunakan moda pesawat, darat, atau kapal yang ada di Indonesia,” kata Pangdam Jaya.

Ia juga menyampaikan pihaknya siap membantu kepolisian menjaga rumah-rumah warga yang ditinggal mudik oleh pemiliknya.

“Kami juga menjamin kenyamanan seluruh warga Jakarta yang akan meninggalkan Jakarta, seperti apa yang disampaikan Kapolda, kami akan menjaga pemukiman yang ditinggalkan sehingga nyaman, tenang, dan aman,” kata dia.

Terakhir, Pangdam Jaya mengingatkan seluruh pemudik, termasuk penumpang di bandara agar tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19.

Data PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta menunjukkan jumlah penumpang pada Sabtu diperkirakan mencapai 132.272 penumpang, terdiri atas 78.043 penumpang yang berangkat, dan 54.229 penumpang tiba.

Jumlah terbanyak ada di Terminal 2, yaitu sebanyak 62.148, yang terdiri atas 36.929 penumpang berangkat dan 25.219 penumpang tiba.

Kemudian, jumlah penumpang di Terminal 3 pada Sabtu diperkirakan mencapai 46.842 orang, dan di Terminal 1 diprediksi ada 23.281 penumpang yang berangkat dan tiba.

Baca juga: PMI fasilitasi kesehatan gratis untuk pemudik di Terminal Kalideres
Baca juga: Operator: Waspadai klaim tarif eksekutif pada bus ekonomi
Baca juga: Penumpang di "check in counter" Soetta dibatasi cegah penumpukan

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022