hingga 10 Mei 2022 dijadwalkan pelayanan setiap hari satu kapal
Palembang (ANTARA) - Kapal cepat rute Palembang-Bangka pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah sekarang ini beroperasi setiap hari setelah sebelumnya maksimal tiga kali dalam sepekan karena sepinya penumpang.

"Khusus melayani angkutan mudik Lebaran, sejak 24 April hingga 10 Mei 2022 dijadwalkan pelayanan setiap hari satu kapal, jika kondisi penumpang pada arus balik nanti masih ramai di luar jadwal operasional tersebut bisa diperpanjang pelayanan setiap hari itu," kata Robin,  petugas kapal cepat Express Bahari, di Palembang, Sabtu.

Pelayanan kapal cepat di Pelabuhan Boom Baru, Palembang yang dijadwalkan normal setiap hari pada arus mudik dan balik Lebaran 2022, diharapkan bisa bertahan lama.

"Mudah-mudahan kondisi ramai penumpang setelah Lebaran berlanjut, dampak pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat diharapkan bisa mendorong ekonomi bangkit yang terpuruk dampak pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir," ujarnya.

Baca juga: Penumpang kapal cepat Palembang-Bangka bergerak naik
Baca juga: Pemudik antusias pulang ke kampung halaman gunakan kapal

Dia menjelaskan, jumlah pengguna jasa angkutan laut kapal cepat tujuan Palembang-Bangka pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah mengalami peningkatan namun tidak terjadi lonjakan berarti.

Hari ini penumpang semakin ramai, berdasarkan data keberangkatan kapal cepat melalui terminal penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang bergerak naik, beberapa hari sebelumnya berkisar 100-150 orang kini mencapai 200 orang lebih diseberangkan ke Pulau Bangka.

Melihat kondisi penumpang pada arus mudik ini jumlahnya tidak mengalami peningkatan yang berarti, pihaknya tidak perlu mengambil langkah menyiapkan kapal tambahan.

Namun pada kondisi arus balik pada pekan kedua Mei 2022 , diprediksi bisa terjadi peningkatan jumlah penumpang, karena warga dari sejumlah daerah Provinsi Sumatera Selatan yang merantau ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu, setelah mudik lebaran biasanya balik membawa saudara atau teman untuk mencari kerja di Bangka dan beberapa daerah setempat.

Baca juga: Kapal angkutan mudik di Kepri diminta tak lebihi kapasitas
Baca juga: Warga antre tiket kapal untuk mudik sejak habis sahur di Tanjungpinang

Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan tujuan Palembang-Bangka dan sebaliknya pada arus mudik dan balik, bisa memesan tiket kapal cepat secara daring melalui aplikasi Express Bahari dan
agen resmi dengan harga Rp250.000 per orang satu kali perjalanan untuk kelas eksekutif, dan Rp300.000 untuk kelas VIP, ujar petugas kapal cepat.

Sementara sebelumnya Akmal, petugas posko mudik Pelabuhan Boom Baru Palembang menjelaskan bahwa pada arus mudik lebaran sekarang ini ada dua unit kapal cepat milik perusahaan pelayaran Exspress Bahari yang dioperasikan melayani rute Palembang-Bangka.

Meskipun tidak terjadi lonjakan penumpang, menurut dia, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, pihaknya bersama instansi terkait membuka posko mudik lebaran di sekitar area pelabuhan.

Baca juga: KPLP kerahkan kapal patroli Jembio amankan arus mudik perairan Kalsel

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022