Atlet tidak mudik dan pelatih telah memberikan kesempatan kepada mereka bertemu keluarga sebelum bulan Ramadhan
Jakarta (ANTARA) - Timnas triatlon Indonesia merayakan hari raya Lebaran di pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Bandung, Jawa Barat demi persiapan menuju SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei.

"Atlet tidak mudik dan pelatih telah memberikan kesempatan kepada mereka bertemu keluarga sebelum bulan Ramadhan," kata Manajer Timnas Triatlon Dika Chrisna Irzandi kepada ANTARA, Sabtu.

Dika juga mengungkapkan pelatnas kali ini cukup ketat karena kondisi masih dalam pandemi COVID-19.

Baca juga: Timnas triatlon terus genjot persiapan menuju SEA Games Vietnam

Sejauh ini, lanjut Dika, atlet yang tengah dipersiapkan untuk SEA Games Hanoi juga sangat disiplin menjalankan program dari pelatih, meski selama Ramadhan mereka tetap menjalankan puasa.

"Selama puasa program latihan menyesuaikan. Mereka berpuasa dan ketika sahur pun ketat. Pelatih dan tim nutrisionis itu menyiapkan makanan dari pukul 03:30 dan mereka terus makan sampai sesaat azan subuh," ujar Dika.

Tim pelatih telah menyusun program untuk mendapatkan peak performance saat berlomba pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 itu bergulir.

Baca juga: Super League Triathlon Pertama Di Indonesia Resmi Digelar

Federasi Triathlon Indonesia (FTI) menyiapkan delapan atlet untuk turun pada empat nomor perlombaan yakni triatlon putra dan putri (renang, lari, sepeda), serta dwilomba putra dan putri (lari dan sepeda) pada SEA Games Hanoi.

Dari sektor putra ada Jauhari Johan, Rudi Febriade, Ronald Bintang Setiawan, dan Aloysius Reckyardo Mardian. Sementara untuk putri yakni Eva Desiana, Zahra Bulan Aprillia Putri, Nethavani Octaria, dan Inge Prasetyo.

Terkait pemberangkatan, rencananya Jauhari Johan dan kawan-kawan bertolak ke Vietnam pada 6 Mei.

"Perlombaannya pada 14-15 Mei. Jadi kami berangkat lebih awal agar atlet aklimatisasi atau adaptasi dengan cuaca, kelembapan suhu. Jadi diharapkan pas waktunya berlomba sudah adaptif dengan kondisi di sana," ujar Dika.

Baca juga: Atlet Indonesia Andy Wibowo juara HK Endurance Challenge di Lombok

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022