Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan dari TNI/Polri menggelar kegiatan operasi skala besar pengamanan wilayah di Jakarta Timur, Sabtu (30/4) malam hingga Minggu dini hari.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol. Budi Sartono menjelaskan bahwa kegiatan tersebut melibatkan 70 personel gabungan dari TNI/Polri untuk pengamanan wilayah menjelang Lebaran 2022.

"Sasarannya rumah-rumah kosong yang ditinggalkan pemudik, tempat-tempat rawan tawuran, tempat-tempat rawan gangguan kamtibmas," kata Budi Sartono di Jakarta, Minggu.

Budi menambahkan petugas gabungan tersebut akan berpatroli menyisir jalan raya, kompleks pertokoan, hingga permukiman warga untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas.

"Kegiatan ini menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI/Polri tidak libur siap mengamankan warganya yang sudah mudik maupun masih ada Jakarta," ujar Budi Sartono.

Sementara itu, Dandim 0505/JT Kolonel Infanteri Persada Alam menegaskan bahwa pihaknya siap membantu kepolisian dalam menciptakan rasa aman di wilayah Jakarta Timur.

"Patroli ini selain tempat-tempat rumah masyarakat, kami juga memonitor asrama TNI yang khususnya ditinggal oleh prajurit yang cuti sehingga seluruhnya merasa aman dan kondusif," kata Persada Alam.

Baca juga: Satpol PP Kembangan siap jaga rumah pemudik

Baca juga: Polda Metro pastikan keamanan rumah yang ditinggal mudik

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022