Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics sejauh ini telah memperlihatkan momentum yang paling positif dalam fase playoff NBA musim ini dengan menyapu bersih kemenangan empat gim langsung atas Brooklyn Nets di putaran pertama Wilayah Timur.

Raihan itu membuat Celtics untuk kelima kalinya dalam enam tahun terakhir bisa melangkah ke semifinal Timur, setelah musim lalu tren itu mengalami hambatan dan mereka terhenti di putaran pertama.

Momentum positif yang dikomandoi oleh penampilan gemilang Jayson Tatum mengantarkan Celtics menantang juara bertahan NBA, Milwaukee Bucks di semifinal Timur musim ini.

Meski tak semulus Celtics, Giannis Antetokounmpo dkk melangkah ke semifinal setelah mengungguli Chicago Bulls dalam lima gim putaran pertama.

Semifinal Timur menyajikan duel antara Celtics kontra Bucks, di mana Antetokounmpo menjadi motor utama sang juara bertahan dalam upaya membendung momentum positif Tatum dkk.

Kedua tim memasuki seri ini dalam keadaan yang boleh dibilang relatif timpang, sebab Bucks dipastikan setidaknya masih tanpa top skor kedua mereka Khris Middleton saat melakoni Gim 1 yang dijadwalkan berlangsung di TD Garden, Massachussetts, pada Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Middleton sudah absen dalam tiga pertandingan terakhir Bucks setelah mengalami cedera MCL lutut kiri dalam kuarter keempat Gim 2 kontra Bulls pada 20 April lalu.

Hal itu sedikit banyak jelas mengurangi kekuatan Bucks, mengingat Middleston selalu memainkan peranan penting dalam dua seri playoff kontra Celtics sejak 2017-18 dengan kontribusi rata-rata 22,4 poin dan akurasi tembakan 51,6 persen.

Sementara Celtics memasuki semifinal Timur dengan catatan roster yang nyaris bersih dari ancaman cedera, setelah Robert Williams III bisa kembali lebih cepat dari perkiraan pascaoperasi lutut dan nyaman melantai sejak Gim 3 kontra Nets.

Di luar situasi roster, Celtics juga punya rekam jejak sebagai tim dengan performa terbaik di NBA dalam tiga musim terakhir setelah meraup 26 kemenangan dari 32 gim di musim reguler.

Bahkan performa itu memuncak dengan penampilan gemilang menjadi satu-satunya tim yang mencatatkan sapu bersih di fase playoff NBA musim ini.

Raihan itu bukannya dibukukan dengan mudah, sebab yang mereka singkirkan adalah Nets setelah sukses meredam penampilan dua megabintang Kevin Durant dan Kyrie Irving.

Celtics kini dihadapkan pada tantangan berikutnya, yakni mencari cara meredam Antetokounmpo. MVP Final tahun lalu itu punya rekam jejak positif berupa catatan menang kalah 7-5 atas Celtics di fase playoff dengan rataan 26,8 poin, 10,1 rebound, dan 1,5 steal.

Absennya Middleton jelas menyisakan tugas besar di antara roster Bucks untuk mengisi lubang yang ditinggalkan, dan peran itu sejauh ini secara bergantian telah diperlihatkan oleh Jrue Holiday, Bobby Portis, Grayson Allen, yang cukup moncer dari luar busur di putaran pertama.


Baca juga: Durant sebut banyak faktor Nets tersisih, yang utama tetaplah Celtics
Baca juga: Jayson Tatum setengah tak percaya Celtics sukses sapu bersih Nets
Baca juga: Celtics sapu bersih Nets 4-0



Antetokounmpo, Portis dan Tatum

Mengutip ulasan kolumnis situs resmi NBA, Michael C. Wrigth, Antetokounmpo jelas menjadi nama yang diperkirakan akan memainkan peranan penting dalam menentukan ke mana pendulum semifinal Timur antara Celtics vs Bucks berayun.

Di Gim 1 putaran pertama lalu, Celtics sudah memperlihatkan kesuksesan mereka meredam daya ledak Durant yang bergantian dijaga oleh Tatum, Jaylen Brown, Al Horford, Grant Williams dan pemenang penghargaan Pemain Bertahan Terbaik atau Defensive Player of the Year (DPOY) NBA 2021-22 Marcus Smart.

Strategi itu sukses membuat Durant yang dikenal sebagai salah satu penembak terjitu di NBA cuma mencetak tujuh poin hasil dua dari tujuh percobaan terbuka di paruh pertama Gim 1.

Pelatih kepala Celtics Ime Udoka jelas akan menjadikan kesuksesan tersebut sebagai model dalam upaya membendung Antetokounmpo di semifinal Timur.

Antetokounmpo relatif lebih unggul dalam adu fisik dibandingkan Durant, jadi bukan tidak mungkin Celtics akan lebih sering menerapkan penjagaan ganda bagi bintang berusia 27 tahun tersebut.

Monster dari Yunani itu jelas bukan satu-satunya pemain yang harus diwaspadai oleh Celtics di antara roster Bucks, sebab Bobby Portis muncul jadi kepingan penting di pancamula Milwaukee semenjak Middleton cedera.

Portis memiliki kontribusi rata-rata 16 poin dan 13 rebound dalam dua kali perannya turun sebagai pancamula Bucks di putaran pertama lalu, disertai tingkat akurasi tembakan terbuka 50 persen dan 42 persen dari luar busur.

Tentu saja, Bucks tidak mengabaikan aspek pertahanan, sebagaimana diungkapkan pelatih kepala Mike Budenholzer yang menyebut kinerja pertahanan mereka biasanya akan menghasilkan kompensasi di barisan serangan.

Portis menjadi kandidat pengganti peran Middleton lebih jauh dalam memanfaatkan kompensasi serangan itu, tentunya setelah Bucks bisa mengawal pertahanan mereka dari ancaman Celtics yang dipimpin Tatum dan Brown.

Empat dari jajaran pancamula Celtics di putaran pertama lalu selalu berhasil mencapai dua digit poin, sehingga Portis harus juga bisa menaikkan performanya untuk membantu Antetonkounmpo dan Holiday di lini serang Bucks.

Tatum sebagai bintang utama Celtics agaknya tengah berada dalam tingkat kepercayaan diri yang tinggi mengingat performa gemilangnya di putaran pertama lewat rataan 29,5 poin, 7,3 assist, dan 1,8 steal.

Menghadapi Bucks, Tatum bakal bertemu tantangan berbeda dalam kinerja pertahanan Antetokounmpo dan Holiday ditambah Brook Lopez di area bawah keranjang.

Apabila sukses mencegah kesuburan Tatum, Bucks masih harus mewaspadai peran pebasket 24 tahun itu sebagai kreator serangan mengingat Celtics punya sederet penembak lain dalam diri Smart, Horford, Grant Williams dan Payton Prichard yang moncer dari luar busur.

Putaran pertama telah menjadi pembuktian Bucks dalam meredam daya ledak lawan mereka. Bucks memaksa Bulls hanya mencatatkan rata-rata 96,5 poin per 100 situasi penguasaan bola, 18,2 poin lebih sedikit dibandingkan angka musim reguler.

Bila menilik berdasarkan catatan putaran pertama di mana Celtics tak pernah menang lebih dari marjin tujuh poin atas Nets, semifinal Timur kontra Bucks menjanjikan seri yang bertabur laga ketat dan bukan tidak mungkin bakal berlangsung hingga Gim 7.

Jadwal seri semifinal Timur Celtics vs Bucks (dalam WIB, gim 5-7 dimainkan apabila diperlukan):

Gim 1 - Senin (2/5) 00.00 di Boston
Gim 2 - Rabu (4/5) 06.00 di Boston
Gim 3 - Minggu (8/5) 02.30 di Milwaukee
Gim 4 - Selasa (10/5) 06.30 di Milwaukee
Gim 5 - Kamis (12/5) di Boston
Gim 6 - Sabtu (14/5) di Milwaukee
Gim 7 - Senin (16/5) di Boston


Baca juga: Mark Jackson jadi salah satu kandidat akhir pelatih anyar Kings
Baca juga: Phoenix Suns didenda Rp363 miliar terkait status cedera Devin Booker
Baca juga: Joel Embiid terancam absen lama karena cedera wajah

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022