Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita dari Kantor Berita ANTARA pada Sabtu (30/4) menarik perhatian pembaca, mulai dari Jasa Marga yang mencatat rekor melayani volume lalu lintas (lalin) tertinggi pada periode arus mudik sepanjang liburan Lebaran di Indonesia selama ini, hingga kepadatan kendaraan arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten yang mulai terurai pada Sabtu (30/4) sore.


1. Jasa Marga catat rekor layani volume lalin tertinggi periode mudik

PT Jasa Marga Tbk mencatat rekor melayani volume lalu lintas (lalin) tertinggi pada periode arus mudik sepanjang liburan Lebaran di Indonesia selama ini

"Pada H-3 Idulfitri 1443 Hijriah yang jatuh pada hari Jumat, 29 April 2022, sebanyak 105.016 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju Timur (Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya). Jumlah ini meningkat 165,5 persen dari lalu lintas normal periode November 2021 sebanyak 39.554 kendaraan," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


2. PT Berdikari mobilisasi sapi lokal dan Australia, jaga stok dan harga

PT Berdikari Persero, anggota Holding BUMN Pangan ID Food, melakukan mobilisasi sapi bakalan lokal dari berbagai daerah, dan juga dari Australia untuk menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga daging di dalam negeri.

“Dari mobilisasi tersebut, saat ini sapi hidup siap potong ini tersedia sebanyak 1.481 ekor dan ini akan terus berdatangan melalui Berdikari, sesuai arahan dari Badan Pangan Nasional RI untuk mobilisasi hingga 5.000 ekor sapi lokal dan luar,” kata Direktur Utama PT Berdikari Harry Warganegara dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Rekayasa Tol Jakarta-Cikampek diperpanjang hingga Tol Semarang-Solo

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung diskresi Kepolisian dalam rekayasa lalu lintas one way (satu arah) yang saat ini diperpanjang dari Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Km 442 Simpang Susun (SS) Bawen Jalan Tol Semarang-Solo sejak pukul 13.40 WIB.

"Sebelumnya, one way diberlakukan hingga Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

 

4. Menhub: Kepadatan di Pelabuhan Merak Sabtu sore mulai terurai

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa kepadatan kendaraan arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten mulai terurai pada Sabtu sore ini.

“Setelah tadi pagi sampai siang saya ke Merak. Kami melakukan satu upaya untuk menambah pelabuhan yaitu Indah Kiat dan Ciwandan. Sore ini kondisi terlihat lebih lancar dan berdasarkan pengecekan di Posko ASDP, terjadi satu penurunan antrean kendaraan menjadi lebih pendek,” kata Budi Karya saat meninjau Posko Angkutan Lebaran Terpadu di Kantor Kemenhub Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


5. LPS: Inflasi diprediksi tahan penurunan suku bunga simpanan bank

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam laporannya menyebutkan ruang penurunan suku bunga simpanan akan semakin terbatas karena adanya potensi kenaikan inflasi yang bisa memicu kenaikan suku bunga kebijakan bank sentral.

“Mengantisipasi tren kenaikan inflasi dan kemungkinan penyesuaian suku bunga kebijakan, ruang penurunan suku bunga simpanan diperkirakan akan semakin terbatas,” demikian laporan indikator stabilitas LPS periode April 2022 yang dikutip di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022