belum pernah didirikan MCK sebanyak ini,
Bangka Barat (ANTARA) - PT Timah Tbk mendirikan toilet umum di sepanjang ruas Jalan Pelabuhan Muntok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat mudik ke Pulau Sumatera.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Timah yang mendirikan toilet di sepanjang ruas jalan menuju pelabuhan dan terminal baru kendaraan pemudik," kata General Manager ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Christoper Samosir di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan pemudik yang akan melintas di Pelabuhan Muntok Kabupaten Bangka Barat terus meningkat menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, sehingga antrian panjang kendaraan pemudik di sepanjang ruas jalan menuju dan kawasan pelabuhan tidak dapat terelakkan.

"Sebelum ada toilet umum ini, pemudik yang ingin buang air terpaksa pergi ke hutan di sepanjang ruas jalan pelabuhan," ujarnya.

Baca juga: Polres Bangka Barat ketatkan pengamanan Pelabuhan Tanjungkalian
Baca juga: Pemkab Bangka Barat bangun panggung hiburan untuk pemudik

Ia menyatakan selain membantu sarana MCK , PT Timah membantu alat berat untuk membuka lahan parkir mobil serta tenda untuk beberapa posko lebaran di pelabuhan Tanjung Kalian.

"Dalam hal ini kami ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran arus mudik tahun ini, baik itu Kepolisian, TNI, Dishub, tenaga kesehatan dan PT Timah dan lain lain," katanya.

Salah seorang pemudik, Dian (39) mengaku terbantu dengan adanya bantuan MCK dari PT Timah

"Merasa terbantulah dengan adanya fasilitas yang diberikan oleh PT Timah. Kita ingin mandi, buang hajat, apalagi dengan lingkungan yang di kelilinggi hutan sangat membantulah," katanya.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat siapkan dapur umum untuk pemudik
Baca juga: Kapal penyeberangan Pelabuhan TAA-Tanjung Kalian dipastikan aman

Hendra (40) warga Muntok yang akan mudik ke Palembang menyampaikan cukup senang pelayanan MCK yang diberikan PT Timah.

"Ini suatu bentuk kepedulian kepada pemudik, memberikan rasa nyaman, karena tahun-tahun sebelumnya belum pernah didirikan MCK sebanyak ini," katanya. 

Baca juga: ASDP Tanjung Kalian operasikan empat kapal

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022