kita batasi di tiket daring itu sekitar 20.000 per harinya
Surabaya (ANTARA) - Objek wisata kawasan pesisir di Kota Surabaya, Jawa Timur, yakni Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran buka untuk wisatawan selama libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah mulai 2–8 Mei 2022.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata THP Kenjeran Rusdi Ismet di Surabaya, Minggu, mengatakan, pada tanggal 2 Mei 2022 THP Kenjeran akan dibuka mulai pukul 09.00 WIB–16.00 WIB dan tanggal 3–8 Mei 2022 dibuka sesuai dengan jadwal sebelumnya, yakni pukul 08.00 WIB–16.00 WIB.

"Jadi skenario itu nanti untuk tanggal 2 Mei 2022 saja, untuk yang tanggal 3 dan seterusnya sama seperti jam buka saat Ramadhan maupun sebelum Ramadhan," kata Rusdi.

Menurut dia, wisata murah meriah ini sangat pas dijadikan tempat bersantai bersama keluarga sambil menikmati kuliner khas THP Kenjeran. Kuliner yang tersedia mulai dari lontong kupang, lontong balap, rujak cingur, ikan asap dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Menikmati mudik Lebaran di jalur wisata Kabupaten Garut
Baca juga: Banyak wisata kuliner bisa dikunjungi saat Lebaran di Surabaya

Bukan itu saja, Rusdi menjelaskan, juga ada beberapa hiburan di THP Kenjeran, seperti live musik juga permainan anak agar pengunjung tidak bosan.

"Nanti di sisi parkir utara THP Kenjeran itu kami siapkan tempat khusus untuk Wisata Kuliner Idul Fitri, jadi para pengunjung bisa menikmati serba-serbi kuliner di sana. Ada juga stan-stan UMKM lainnya, jadi sebelum masuk THP Kenjeran pengunjung akan disuguhkan kuliner terlebih dahulu di Wisata Kuliner Idul Fitri," ujar dia.

Rusdi menyampaikan, jumlah kunjungan THP Kenjeran per hari terbatas 20.000 orang yang disesuaikan dengan jumlah tiket wisata di laman tiketwisata.surabaya.go.id. Meskipun Kota Surabaya sudah berstatus menjadi PKKM Level 1, bukan berarti Pemkot Surabaya melonggarkannya begitu saja dengan kapasitas 100 persen.

"Sesuai dengan Imendagri memang kan untuk kunjungan dan sebagainya di Level 1 sudah 100 persen ya, tapi untuk sementara ini kita batasi di tiket daring itu sekitar 20.000 per harinya," kata dia.

Baca juga: Dinas Pariwisata DKI bagikan pilihan lokasi wisata saat libur Lebaran
Baca juga: Sandiaga minta pengelola Ancol jaga lingkungan keberlanjutan

Rusdi menambahkan, selama libur Idul Fitri di THP Kenjeran bukan hanya disediakan tempat untuk kulineran, akan tetapi juga disediakan area khusus vaksin booster (dosis 3) oleh Pemkot Surabaya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya.

"Insya Allah nanti tanggal 2 sudah mulai disiapkan oleh rekan-rekan dari Dinkes Surabaya yang siaga di THP. Jadi, nanti sekira ada pengunjung yang ketika scan barcode PeduliLindungi kemudian ketahuan belum booster, makan oleh petugas akan langsung diarahkan ke tenda vaksinasi," ujar dia. 

Baca juga: Menparekraf berharap kunjungan ke desa wisata meningkat selama mudik

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022