arus mudik lebaran tahun ini berjalan aman, lancar
Pangkalpinang (ANTARA) - Pos Koordinasi Angkutan Laut Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu, mencatat sebanyak 3.253 orang penumpang kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Pandan Belitung tiba di Pelabuhan Pangkalbalam.

"Pada hari terakhir mudik tahun ini penumpang kapal berangkat maupun tiba meningkat," kata Ketua Pos Koordinasi Angkutan Laut Pelabuhan Pangkalbalam Ferdiansyah di Pangkalpinang, Minggu.q

Ia mengatakan penumpang kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung turun di Pelabuhan Pangkalbalam pada H-1 sebanyak 3.253 orang atau meningkat dibandingkan H-2 sebanyak 3.155 orang.

Demikian juga penumpang kapal laut berangkat dari Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Belitung dan Jakarta sebanyak 3.922 orang atau meningkat dibandingkan H-2 sebanyak 3.920 orang.

"Alhamdulillah, arus mudik lebaran tahun ini berjalan aman, lancar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Baca juga: Pemudik padati terminal penumpang kapal Pelabuhan Pangkalbalam
Baca juga: Pemprov Babel tetapkan Pangkalbalam-Belinyu alur pelayaran aman

Ia menyatakan arus mudik tahun ini dilayani 10 kapal yaitu K.M. Salvia, K.M. Sakura Express, K.M. Srikandi Line, K.M. Sawita, K.M. Elsadai, K.M. Elsadda II dengan rute Pelabuhan Pangkalbalam Bangka-Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Selain itu, K.M. Bukit Raya dan K.M. Sabuk Nusantara 4B dengan rute Pelabuhan Belinyu tujuan Pekajang, serta K.M. Star Belitung, K.M. Expres Bahari rute Pelabuhan Pangkalbalam Bangka-Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung.

"Alhamdulillah hingga saat ini belum ada penumpukan penumpang di terminal pelabuhan akibat keterbatasan kapal angkutan mudik," ujarnya. 

Baca juga: Pemprov Babel apresiasi pelayanan mudik Pelabuhan Tanjungkalian

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022