Kapal kembali beroperasi pada H+ Lebaran untuk melayani arus balik, besok dua hari kami libur Idul Fitri.
Belitung, Babel (ANTARA) - Jumlah pemudik di Pelabuhan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhitung satu hari menjelang Lebaran tercatat sebanyak 104 orang atau turun dari sehari sebelumnya sebanyak 284 orang.

"H-1 Idul Fitri jumlah pemudik di Pelabuhan Tanjung Pandan mengalami penurunan dibanding dua hari lalu," kata Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan Anggiat Douglas Silitonga, di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, penurunan jumlah pemudik yang menggunakan layanan kapal cepat Express Bahari 3 E di pelabuhan tersebut pada satu hari menjelang Lebaran memang telah diprediksi oleh otoritas pelabuhan setempat.

"Semakin mendekati Lebaran, jumlah pemudik yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Pandan tujuan Pulau Bangka diperkirakan akan berangsur menurun. Namun pelayanan kami tetap maksimal," ujarnya.

Dia mengatakan pula, keberangkatan kapal Express Bahari 3 E rute Tanjung Pandan-Pangkal Balam pada hari ini merupakan keberangkatan yang terakhir untuk melayani pemudik sebelum libur Idul Fitri 1443 Hijriah

"Selanjutnya pihak operator kapal akan libur berlayar dalam rangka merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah mulai 2-3 Mei mendatang dan kembali berlayar pada H+3 Lebaran," katanya lagi.

Anggiat memastikan, arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan sejak H-7 sampai H-1 Lebaran selama ini terpantau lancar dan terkendali.

"Arus mudik dalam kondisi lancar dan terkendali, tidak ada penumpukan penumpang, semuanya dilayani dengan baik dan berhasil diberangkatkan ke daerah tujuan," ujarnya pula.

Kepala Cabang PT Sakti Inti Makmur (SIM) selaku operator kapal cepat Express Bahari 3 E, Ivan Febrianto di Tanjung Pandan mengatakan layanan kapal cepat Express Bahari 3 E akan beroperasi kembali pada H+ Lebaran untuk melayani penumpang arus balik Lebaran.

"Kapal kembali beroperasi pada H+ Lebaran untuk melayani arus balik, besok dua hari kami libur Idul Fitri," katanya lagi.
Baca juga: Arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan berjalan lancar
Baca juga: Pemudik di Pelabuhan Tanjung Pandan tercatat 353 orang

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022