Bandung (ANTARA) -
Puncak arus mudik Lebaran 2022 di Terminal Cicaheum Kota Bandung berlangsung selama dua hari, yakni H-3 dan H-2 Lebaran (29-30 April 2022) dengan total 5.718 penumpang dengan tujuan ke berbagai daerah di Jawa Barat dan luar Jabar.
 
Petugas Terminal Cicaheum Kota Bandung Hamdani di Bandung, Minggu, menuturkan pada Sabtu (30/4) atau H-2 Lebaran, terminal setempat memberangkatkan 3.263 penumpang.
 
"Sebelumnya memang kita katakan H-3 Lebaran 2022 sudah puncaknya arus mudik ya dengan 2.455 orang penumpang. Tapi ternyata H-2 lebih banyak lagi penumpang yang berangkat, itu mencapai 3.263 orang dengan 124 armada bus," kata dia.
 
Dia mengatakan jumlah penumpang pada puncak arus mudik Lebaran tahun ini masih jauh di bawah penumpang saat puncak arus mudik Lebaran 2019 yakni mencapai 5.022 orang.

Baca juga: Polresta Bandung alihkan arus di Nagreg atasi macet jalur selatan

Ia mengatakan para penumpang saat puncak arus mudik Lebaran 2022 di Terminal Cicaheum paling banyak ialah penumpang antarkota dan antarprovinsi, seperti ke arah timur yakni ke Wonosobo, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.
 
Untuk antarkota dalam provinsi, katanya, tujuan penumpang yang paling banyak ke Tasikmalaya dan Pangandaran.
 
Hamdani menambahkan pada H-1 Lebaran atau pada hari ini jadwal kedatangan bus di Terminal Cicaheum sudah kembali normal dan tidak mengalami keterlambatan karena pemudik sudah berkurang.

"H-1 jadwal bus sudah normal, tidak ada yang terlambat. Terbukti dengan bus yang menunggu dan mencari penumpang ya karena memang penumpang sudah berkurang," kata dia.

Dia menjelaskan penurunan pemudik karena kebanyakan mereka sudah sampai daerah tujuan masing-masing.

Baca juga: Terminal Cicaheum Kota Bandung lewati puncak arus mudik Lebaran 2022
Baca juga: Arus keluar GT Cileunyi padat merayap akibat bubaran pabrik H-3 malam
Baca juga: Arus mudik di Nagreg padat merayap hingga waktu berbuka puasa H-3

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022