Jakarta (ANTARA) - Pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI Amon Santoso, memberikan evaluasinya kepada ketiga pasangan anak didiknya yang rampung berlaga di ajang Kejuaraan Asia 2022 di Manila, Filipina.

Pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari terhenti di babak perempat final, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso kalah di babak 16 besar, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati langsung takluk di babak pertama.

"Untuk Rinov/Pitha terlepas dari permainan kemarin, sudah bagus penampilannya. Hanya dalam servis pembukaan, terutama Pitha harus ada perbaikan juga di pertahanan mereka," ujar Amon lewat keterangan tertulis PP PBSI di Jakarta, Minggu.

Lalu untuk Adnan/Mychelle, dinilai sering melakukan kesalahan sendiri dan konsentrasinya kurang maksimal saat pertandingan. Amon menilai, Adnan/Mychelle seharusnya bisa memberikan perlawanan yang lebih baik meski menghadapi lawan-lawan yang lebih top di atas mereka.

Sementara bagi Rehan/Lisa, Amon berharap mereka bisa terus menambah jam terbang di turnamen-turnamen internasional.

"Untuk Rehan/Lisa mereka masih kurang pengalaman dan kelihatan sekali demam panggung apalagi langsung menghadapi pemain-pemain level atas. Perlu keberanian buat mereka dan juga jam terbang yang lebih lagi," Amon memaparkan.

Pengalaman di Kejuaraan Asia 2022 diharapkan menjadi tambahan motivasi bagi ketiganya untuk berkembang lebih baik. Terutama bagi Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle yang akan bertarung di ajang SEA Games Vietnam 2021 bulan depan.

"Untuk SEA Games nanti, kami mesti mendapatkan hasil yang baik. Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle ada persiapan sedikit untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan mereka. Target kami medali emas," Amon menegaskan.

Sementara itu, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti terhenti di babak semifinal hari Sabtu karena masalah cedera. Praveen terpaksa mundur dari pertandingan di gim kedua karena cedera pinggang saat meladeni unggulan pertama Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

Baca juga: Ganda campuran Praveen/Melati mundur akibat cedera pinggang
Baca juga: Rinov/Pitha bertekad perbaiki performa demi hasil lebih baik
Baca juga: Jonatan catat hattrick final, hadapi Lee Zii Jia di Kejuaraan Asia

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022