Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan arus mudik di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok dalam situasi aman dan terkendali hingga H-1 Lebaran 2022, Minggu.

"Hingga H-1 ini, seluruh rangkaian pelayanan arus mudik sudah kami laksanakan sesuai skenario awal dan berjalan dengan baik. Bahkan kami targetkan hari ini seluruh pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bisa diseberangkan ke Pelabuhan Tanjungapiapi, Sumatera Selatan," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Minggu.

Untuk memberikan pelayanan prima kepada para pemudik di lokasi itu, Wakil Bupati Bong Ming Ming bersama kapolres, dandim, dan unsur terkait setiap hari berada di lokasi untuk melakukan pengawasan dan pengamanan arus mudik, terutama yang berada di terminal penyangga Pelabuhan Tanjungkalian.

Sejak terminal penyangga dibuka, ia tidak pernah absen dan selalu ikut serta membantu seluruh petugas yang sedang bertugas melayani pemudik.

"Tahun ini kita siapkan sejumlah fasilitas pendukung agar pemudik semakin nyaman, aman dan kondisi sehat selama menunggu jadwal penyeberangan, antara lain dengan menyiapkan sarana dan prasarana hingga menyediakan makanan dari dapur umum," katanya.

Para personel yang terlibat juga menjalankan tugas secara bertanggung jawab sehingga bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya penyerobotan nomor urut antrean kendaraan.

"Sampai sejauh ini berjalan sesuai rencana, tidak terjadi kecurangan antrean," ujarnya.

Baca juga: H-1 Lebaran, satu kapal berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok

Ia mengakui masih ada beberapa kekurangan dalam pelayanan tersebut dan akan dijadikan sebagai bahan perbaikan pada pelayanan tahun selanjutnya.

"Memang sempat terjadi salah paham antara pemudik dan petugas, namun bisa diselesaikan dengan baik, cepat dan adil. Kami tegaskan dalam antrean tidak ada prioritas, semuanya sama dan sesuai nomor urut, kita pastikan tidak ada permainan," kata Bong Ming Ming.

Ia mengharapkan, jumlah antrean kendaraan mobil keluarga pada H-1 Idul Fitri seluruhnya bisa diberangkatkan sehingga tidak ada pemudik yang terpaksa berlebaran di lokasi tersebut.

"Kami bersama kapolres dan dandim juga sudah berkomunikasi dengan pihak ASDP agar mobil kecil selesai sebelum Lebaran, namun kita juga tergantung kondisi di Tanjungapiapi dan dukungan cuaca," katanya.

Komandan Kodim 0431/BB Letkol Inf Deri Indrawan berharap kepada pemudik untuk tetap mengikuti aturan yang telah dibuat oleh petugas.

"Tim di lapangan sudah berupaya memberikan pelayanan ekstra, jadi masyarakat, khususnya pemudik, juga harus sabar ikuti aturan yang ada. Jika ada masalah hadapi dengan kepala dingin dan bijak melihat situasi agar tidak menimbulkan masalah baru," katanya.

Baca juga: ASDP siapkan pelayaran malam antisipasi lonjakan penumpang
Baca juga: 738 pemudik divaksin COVID-19 di Pelabuhan Tanjungkalian

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022