Ada lima besar destinasi pada 2022 khususnya arus mudik dari Bandara Soekarno-Hatta, yakni Medan, Bali, Makassar, Surabaya dan Pontianak
Tangerang (ANTARA) -
Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II menyampaikan Bali menjadi salah satu tujuan penumpang pesawat selama periode arus mudik Lebaran 2022.
 
"Ada lima besar destinasi pada 2022 khususnya arus mudik dari Bandara Soekarno-Hatta, yakni Medan, Bali, Makassar, Surabaya dan Pontianak," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat memberikan keterangan di Posko Angkutan Lebaran Terminal 1B, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu.
 
Ia mengatakan Bali menjadi alternatif bagi masyarakat yang memanfaatkan libur lebaran tahun ini.

Baca juga: AP II ungkap faktor mudik menggunakan pesawat jadi pilihan masyarakat
 
"Ini menjadi salah satu hal positif untuk perkembangan atau pergerakan domestik, khusus pariwisata di Bali," tuturnya.
 
Menurutnya, libur nasional yang diikuti dengan kegiatan domestik akan berdampak positif bagi perekonomian nasional. "Jadi tidak melulu keluar negeri," ucapnya.
 
Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong aparatur sipil negara (ASN) membelanjakan tunjangan hari raya (THR) untuk produk kreatif khas daerah.

Baca juga: Penumpang di "check in counter" Soetta dibatasi cegah penumpukan

Baca juga: Pergerakan penumpang di Soekarno-Hatta mulai landai pada H-1

 
"Khusus ASN ada Rp34 triliun. Itu baru ASN, belum perusahaan swasta, pasti lebih besar," katanya usai Sarasehan Bersama UMKM dan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Surakarta di Solo, Jumat.
 
Ia berharap para pegawai yang memperoleh THR bisa membelanjakan uang mereka saat mudik di kampung halaman.
 
"Saya selalu bilang jangan hanya membeli produk ekonomi kreatif dari kota besar untuk dibawa ke daerah sebagai oleh-oleh tetapi juga sebaliknya. Produk-produk kreatif di desa wisata maupun di daerah bisa dibeli juga untuk oleh-oleh rekan kerja di kota," katanya.
 
Dengan demikian, diharapkan momentum Lebaran bisa meningkatkan perekonomian usai pandemi COVID-19. Apalagi, dikatakannya, perekonomian Indonesia berbasis konsumsi.

Baca juga: AP II: Lonjakan penumpang di Bandara Soetta terjadi sejak 22 April

Baca juga: BNPB dukung posko penguatan prokes di pelabuhan dan bandara

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022