Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan puncak pergerakan kendaraan di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat telah terjadi pada Jumat (30/4) atau H-3 Lebaran.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah pergerakan kendaraan pada puncak mudik tahun ini melebihi puncak pergerakan mudik pada tahun 2019.

“Puncak mudik terjadi kemarin (H-3), dengan pergerakan sebanyak 128 ribu kendaraan. Meningkat, jika dibandingkan dengan puncak mudik di 2019 yang terjadi pada H-3 sebesar 97 ribu kendaraan,” kata Budi Karya saat meninjau Pos Pengamanan Cikaledong, Nagreg, Kabupaten Bandung, Minggu.

Menhub mengungkapkan, kendati terjadi kenaikan jumlah pergerakan kendaraan pada mudik tahun ini, namun lalu lintas masih tetap terkendali.

Diharapkan, pengendalian lalu lintas juga bisa berhasil dilakukan pada arus balik nanti.

Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran kepolisian di Jawa Barat, jajaran pemerintah daerah, Dishub, dan unsur terkait lainnya, yang telah memberikan dukungan terhadap kelancaran arus lalu lintas, maupun memberikan layanan posko kesehatan di Nagreg dan sekitarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto mengatakan, lonjakan yang terjadi pada mudik tahun ini akan berdampak pada suatu pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan.

“Arus ekonomi tidak hanya mengalir di Jakarta, tetapi juga mengalir ke Jabar, Jateng, Jatim, dan sejumlah daerah lainnya,” katanya.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan bahwa sebelumnya, jalur Nagreg selalu terjadi kemacetan yang cukup parah.

“Tahun ini walaupun lonjakan mudik tinggi tetapi tetap lancar. Ini bukti pemerintah perhatian dengan membangun infrastruktur serta melakukan penanganan rekayasa lalu lintas di kawasan ini,” ujarnya.

Turut hadir dalam peninjauan, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung.

Baca juga: Menhub kunjungi Nagreg pastikan jalur selatan lewati puncak mudik
Baca juga: H-1 Lebaran, Menhub pantau Bandara Soekarno-Hatta
Baca juga: Menhub siapkan pelabuhan tambahan untuk urai kemacetan di Merak

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022