Banda Aceh (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh melalui Direktorat Reserse Narkoba dan Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) melakukan tes urine awak angkutan darat, laut, dan udara mudik Lebaran 2022.

Direktur Reserse Narkoba Polda Aceh Kombes Pol Ruddi Setiawan di Banda Aceh, Minggu, mengatakan tes urine untuk memastikan awak angkutan tidak menggunakan narkoba saat melayani angkutan mudik.

"Pemeriksaan atau tes urine itu dilakukan di tiga lokasi, yaitu di Bandara Sultan Iskandar Muda, Pelabuhan Ulee Lheue, dan Terminal Batoh," katanya.

Baca juga: Terminal Pulogebang pastikan sopir bus sehat dan tidak pakai narkotika

Ia mengatakan pengecekan urine menggunakan alat "drug abuse test". Tes urine merupakan agenda nasional dan masuk dalam Operasi Ketupat Seulawah 2022.

Dia mengatakan tes urine diikuti 25 awak angkutan yang terdiri atas dua pilot dan dua pramugari, seorang nakhoda, delapan anak buah kapal, dan 12 sopir.

"Dari hasil pemeriksaan awak angkutan umum tersebut semuanya negatif dan bebas dari penyalahgunaan narkoba," papar dia.

Baca juga: BNN tes urine sopir di Terminal Kampung Rambutan
Baca juga: Sopir bus mudik Lebaran di Terminal Tirtonadi Solo ikuti tes urine


Menurut dia, tes urine bertujuan untuk memastikan para sopir, pilot, pramugari, nakhoda maupun anak buah kapal bebas dari narkoba sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan selama mudik Lebaran 2022.

"Tes urine ini akan terus digelar selama libur Lebaran 2022 untuk mencegah tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Aceh," kata dia.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022