Presiden Jokowi akan laksanakan Shalat Id di Gedung Agung Yogyakarta

Presiden Jokowi akan laksanakan Shalat Id di Gedung Agung Yogyakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo mengucapan selamat Idul Fitri 1443 Hijriah, Minggu (1/5/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/aa.

Shalat di Istana Yogya (Gedung Agung).
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Gedung Agung Yogyakarta pada Senin, 2 Mei 2022.

"Shalat di Istana Yogya (Gedung Agung)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi dari Jakarta, Minggu.

Shalat Id tersebut pun hanya dihadiri oleh kalangan terbatas.

Presiden Jokowi bersama dengan Ibu Iriana Joko Widodo diketahui telah berada di Yogyakarta sejak Sabtu, 30 April 2022.

Presiden sebelumnya memang mengatakan akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Yogyakarta.

Sejak tiba di Yogyakarta, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk membagikan sembako di sekitar Gedung Agung pada Sabtu (30/4).

Sementara pada Minggu (1/5), Presiden Jokowi juga memberikan bantuan di sekitar Malioboro dan Pasar Ngasem, Kota Yogyakarta.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah mengumumkan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Hal tersebut didasari dua hal yakni dari paparan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag yang menyampaikan bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada pada posisi 4 derajat 0,59 menit sampai dengan 5 derajat 33,57 menit.

Informasi hitungan hisab telah dikonfirmasi dengan laporan sejumlah petugas Kementerian Agama di daerah yang ditempatkan di 99 tempat titik rukyat, di 34 provinsi di seluruh Tanah Air.

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah juga telah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.
Baca juga: Presiden Jokowi membagikan bantuan di Malioboro Yogyakarta
Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Ucapkan Selamat Idul Fitri 1443 Hijriah

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar