Jakarta (ANTARA) - Gol tunggal dari penyerang asal Brazil Richarlison menjaga asa Everton untuk bertahan di Liga Premier Inggris musim depan setelah setelah membawa The Toffees mengalahkan Chelsea dengan skor 1-0 pada pekan ke-35 di Stadion Goodison Park, Liverpool, Minggu.

Richarlison mencetak gol pada menit ke-46 setelah memanfaatkan assist dari Demarai Gray yang membuat Everton kembali ke jalur kemenangan setelah pada pekan sebelumnya dikalahkan Liverpool dengan skor 2-0, demikian catatan Liga Premier Inggris.

Kemenangan ini masih belum bisa mengangkat Everton dari peringkat 18 setelah mengumpulkan 32 poin dari 33 pertandingan, sedangkan Chelsea masih tertahan di posisi tiga dengan torehan 66 poin dari 34 laga.

Meski begitu, saat ini Everton masih menyisakan satu pertandingan lebih banyak dari pesaing mereka yaitu Burnley dan Leeds United, yang sama-sama berusaha menghindari zona degradasi.

Pada babak pertama, Everton mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan pada menit 11 skuad asuhan Frank Lampard sempat memiliki peluang ketika umpan silang dari Alex Iwobi tidak bisa dijangkau oleh Yerry Mina.

Baca juga: Duet Kane dan Son bawa Tottenham Hotspur kalahkan Leicester City 3-1

Everton kembali melakukan tekanan, kali ini melalui aksi individu Anthony Gordon merangsek ke kotak penalti Chelsea, namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Edouard Mendy.

Di sisa waktu babak pertama, Chelsea lebih banyak mendominasi penguasaan bola, namun disiplinnya lini pertahanan Everton membuat skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Everton berhasil mencuri gol cepat melalui tendangan terukur dari Richarlison di menit ke-46 setelah menerima umpan Gray sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Unggul satu gol, Everton kembali menciptakan peluang, kali ini melalui bek sayap Vitaliy Mykolenko, namun tendangannya masih melebar dari gawang Chelsea.

The Blues berbalik mengancam dan memiliki peluang emas yang berawal dari tendangan Mason Mount yang masih membentur tiang gawang, bola liar mencapai kaki dari Cesar Azpilicueta dan pemain asal Spanyol itu melepaskan tembakan keras yang masih mampu diselamatkan oleh kiper Everton Jordan Pickford.

Jordan Pickford kembali menjadi juru selamat bagi Everton, setelah kiper timnas Inggris itu mampu mengamankan tendangan keras yang dilepaskan oleh bek Chelsea Antonio Rudiger.

Di sisa waktu babak kedua, kedua tim saling melepaskan serangan dan Chelsea mampu untuk tampil lebih dominan, namun cemerlangnya penampilan Pickford dan kompaknya lini pertahanan Everton membuat skor 1-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Baca juga: Libas Leeds United 4-0, Manchester City kembali ke puncak klasemen
Baca juga: Liverpool hanya menang tipis 1-0 di kandang Newcastle United

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022