Sorong (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sorong, Papua Barat menjamin keandalan pasokan listrik dan tidak ada pemadaman selama periode siaga hari raya Lebaran 2022.

Manajer PLN UP3 Sorong Martha Adi Nugraha di Sorong, Minggu (1/5), mengatakan bahwa pihaknya menjamin tidak terjadi pemadaman terencana selama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Dia menjelaskan apabila terjadi pemadaman hal tersebut karena adanya gangguan eksternal dan bukan karena terencana.

Ia menjelaskan bahwa PLN UP3 Sorong sudah mengoperasikan sistem transmisi baru atau disebut SUTM dengan kapasitas 150 KV. Khusus wilayah Papua dan Papua Barat, UP3 Jayapura dan UP3 Sorong mengoperasikan sistem transmisi baru tersebut.

Baca juga: PLN Lampung pastikan pasokan listrik aman selama siaga Lebaran

Dia mengatakan sistem transmisi baru sudah beroperasi sejak Desember 2021 sehingga awal 2022 sudah ada perbaikan dalam pelayanan.

PLN Sorong juga melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keandalan di bidang pembangkit dengan menghadirkan PLTMG di Arar Kabupaten Sorong sebanyak lima unit.

Upaya preventif, yakni pemeliharaan, sudah dilakukan sejak awal tahun guna mengurangi potensi gangguan 50 persen.

Ia menyampaikan bahwa 100 personel tenaga teknis disiapkan untuk melakukan siaga di seluruh wilayah kerja PLN UP3 Sorong. Siaga sudah berlangsung sejak 25 April hingga berakhir nantinya pada 12 Mei 2022.

"Dengan kesiapan tersebut kami pastikan bahwa pasokan listrik akan aman selama perayaan Lebaran," kata dia.

Baca juga: Listrik di Sorong-Papua Barat dipadamkan 9 jam untuk benahi sistem
Baca juga: PGN suplai bahan bakar gas untuk pembangkit di Sorong Papua
Baca juga: PLN UIP Papua operasikan SUTT dan gardu induk Sorong

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022