Ternate (ANTARA) - Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Kota Ternate, Maluku Utara bersama pelajar SMP Katolik setempat membagikan koran gratis kepada jamaah sebagai alas Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Lapangan Gelora Kieraha Ternate, Senin.

"Ini merupakan kegiatan kedua dan menjadi agenda rutin setiap perayaan Idul Fitri, selain itu kehadiran AMGPM untuk
Sejumlah orang aksi sosial mengumpulkan koran bekas sebagai alas jamaah mengikuti Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Lapangan Gelora Kieraha Ternate, Senin (2/5/2022). (ANTARA/Abdul Fatah)
membangun tali silaturahim dan memupuk rasa persaudaraan antarumat beragama di Kota Ternate," kata Ketua AMGPM Kigen Lokulalan di Ternate, Senin.

Ia menjelaskan AMGPM Kota Ternate bersama siswa SMP Katolik setempat yang seluruhnya sekitar 20 orang ditugaskan membagikan koran bekas di empat pintu masuk tempat Shalat Id dan menjaga kondisi di sekitar Lapangan Gelora Kieraha selama umat Islam setempat melaksanakan shalat tersebut.

Dia menyebut koran bekas dikumpulkan selama dua minggu terakhir ini. Mereka memperoleh koran bekas itu dari teman-temannya untuk digunakan sebagai alas jamaah saat Shalat Idul Fitri di Gelora Kieraha Ternate.

Dia juga menyambut positif kesempatan yang diberikan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) setempat kepada AMGPM Ternate untuk bersama-sama membagikan koran kepada jamaah Shalat Idul Fitri di Gelora Kieraha.

"Apa yang dilakukan ini bisa memupuk rasa persaudaraan dan toleransi antarumat beragama dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin laksanakan shalat Id di masjid Istiqlal

Hal yang dilakukan AMGPM itu seperti dilakukan pada tahun sebelumnya. Mereka bersama-sama petugas keamanan menjaga keamanan dan membantu membagikan masker kepada jamaah Shalat Id di tempat itu.

Sekretaris PHBI Kota Ternate Muhammad Iksan memberi apresiasi kepada seluruh pengurus AMGPM dan siswa SMP Katolik Ternate yang bersama-sama umat muslim membangun semangat persaudaraan antarumat beragama.

"Kami bangga ada saudara-saudara umat kristiani yang berinisiatif hadir saat pelaksanaan Shalat Id di Gelora Kieraha dengan cara memberikan koran gratis dan membersihkan Lapangan Gelora Kieraha seusai Shalat Id, ini bentuk rasa toleransi antarumat beragama," ujar Kabag Kesra Setda Pemkot Ternate tersebut.

Baca juga: Ridwan Kamil: Shalat Id di Lapangan Gasibu pecahkan rekor
Baca juga: Begini suasana warga Rusunawa Marunda tunaikan Shalat Id

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022