Bandung (ANTARA) - Warga yang melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Raya Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, membludak dan meluber ke Alun-Alun Bandung hingga saf shalat bercampur antara saf laki-laki dan perempuan.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Bandung KH Ayi Hasyim tak menduga antusiasme masyarakat sangat tinggi pada Lebaran 2022. Ia hanya mempersiapkan shalat untuk di dalam masjid.

"Itu antusias yang memang tidak diprediksi juga, kita kira hanya di masjid saya yang perlu dipersiapkan, ternyata jamaah membludak hingga ke alun-alun," kata Ayi di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Di kawasan alun-alun, tidak ada pembatas antara area shalat bagi laki-laki dan bagi perempuan. Sehingga banyak warga yang shalat secara berkelompok per keluarga.

Baca juga: Prabowo Subianto laksanakan Salat Id di Bogor

Baca juga: Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana Shalat Id di halaman Gedung Agung

 
Warga mengikuti Salat Idulfitri di Alun-Alun Bandung, Jawa Barat, Senin (2/5/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)


Selain itu, di rumput alun-alun tersebut juga tidak ada tanda garis saf salat. Sehingga masyarakat mengikuti salat dengan saf yang seadanya.

"Tapi, Alhamdulillah kita bersama tim, pengurus di sini, berusaha semaksimal mungkin," kata dia.

Dia memperkirakan sekitar 15 ribu jamaah yang mengikuti salat di Masjid Raya Bandung hingga ke Alun-Alun Bandung. Dia pun memastikan protokol kesehatan tetap ditegakkan oleh petugas DKM bagi para jamaah.

"Alhamdulillah, pelaksanaan berjalan lancar, jadi kami siapkan secara protokol kesehatan, sebagainya, mudah-mudahan kita tetap terlindungi," katanya.*

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin laksanakan shalat Id di masjid Istiqlal

Baca juga: Ridwan Kamil: Shalat Id di Lapangan Gasibu pecahkan rekor

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022