Jakarta (ANTARA News) - Hewlett-Packard (HP) meluncurkan laptop ringan atau ultrabook Folio untuk mengalahkan Apple MacBook Air.

Folio yang akan masuk pasar pada 7 Desember dijual senilai $ 900. Peluncuran itu berselang dua bulan setelah HP berencana meninggalkan divisi PC.

Perusahaan yang bermarkas di California itu merancang Folio untuk bisnis sehingga bentuknya tipis, ringan dan daya tahan baterai selama sembilan jam.

Bobot Folio hanya 3,3 pounds (1,5 kilogram), state drive bersama dengan layar HD berukuran 13.3-inci (33,8 sentimeter).

"Ini (ultrabook) adalah kategori baru di pasar dan menjadi pilihan baru bagi pengguna untuk mendapatkan sebuah pengalaman baru dalam bisnis," kata kepala kantor penelitian IDC Crawford Del Prete.

"Kami berharap ultrabook dapat memicu kembali penjualan laptop ramping dan mulai 2015, sekitar 95 juta ultrabook akan dikirimm ke seluruh dunia setiap tahunnya," kata pengamat industri Del Prete.

Folio didukung oleh sistem operasi Windows 7 yang menjanjikan sistem bisnis lebih baik berdasarkan peranti lunak Microsoft. Folio akan tersedia dengan chip keamanan built-in untuk mengenkripsi dan melindungi data email.
(adm)


Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011