Ini shalat Id pertama di Masjid At-Thohir. Alhamdulillah ramai sekali,...
Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir dan keluarga melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid At-Thohir, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Senin.

"Ini shalat Id pertama di Masjid At-Thohir. Alhamdulillah ramai sekali, tentu ini bagian dari masyarakat karena dalam pembangunan masjid tidak hanya fisiknya tapi bagaimana masyarakat juga melakukan ibadah dan aktivitas lain di sini," ujar Erick kepada awak media seusai melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid At-Thohir.

Shalat Idul Fitri 1443 H menjadi yang pertama kali digelar di Masjid At-Thohir yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (9/3).

Baca juga: Erick Thohir: Makna Lebaran tahun ini adalah kebangkitan

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, Menteri BUMN bersama keluarga serta kerabat tiba di Masjid At-Thohir pada oukul 06.30 WIB. Shalat Idul Fitri dilaksanakan tepat pada pukul 07.00 WIB.

Masjid At-Thohir tampak penuh oleh masyarakat yang antusias mengikuti Shalat Idul Fitri hingga membentuk saf-saf baru di area luar sekitar masjid.

Seusai melaksanakan Shalat Idul Fitri, Menteri BUMN Erick Thohir menyapa dan bersilaturahmi dengan masyarakat yang ikut melaksanakan shalat di Masjid At-Thohir.

Tidak hanya menyapa, Erick Thohir juga turut melayani permintaan foto bersama maupun selfie bersama masyarakat di Masjid At-Thohir.

Baca juga: Erick Thohir sarankan tiga hal untuk atasi kepadatan arus mudik di tol

Khotbah Shalat Idul Fitri di Masjid At-Thohir  disampaikan oleh Ust. Ahmad Fairuz. Dalam khutbahnya, khotib menyampaikan bahwa manfaat puasa terutama puasa di Bulan Ramadhan adalah untuk menimbulkan kepekaan sebagai sesama umat manusia di mana orang yang mampu membantu orang yang tidak mampu.

Selain itu juga dengan memiliki jiwa sosial, insan manusia juga bisa melakukan zakat, infaq dan sedekah.

Dengan demikian hikmah kemenangan di hari yang fitri adalah menjadikan rasa sosial dan solidaritas antarsesama insan manusia.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022