Jakarta (ANTARA) - Sejumlah perusahaan internet besar China membukukan pertumbuhan pendapatan yang stabil pada kuartal pertama (Q1) tahun ini, menurut data dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (Ministry of Industry and Information Technology/MIIT) China.

Pendapatan perusahaan-perusahaan itu meningkat 1,4 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 323,6 miliar yuan (1 yuan = Rp2.198) selama periode tersebut, menurut data MIIT.

Sementara itu, laba tercatat turun 10,3 persen dari tahun sebelumnya menjadi 15,45 miliar yuan, dengan tingkat penurunan bertambah 2,9 poin persentase dibandingkan dua bulan pertama tahun ini.

Pada kuartal pertama, sejumlah perusahaan internet besar China menginvestasikan total 17,75 miliar yuan untuk penelitian dan pengembangan, meningkat 8,4 persen (yoy). Tingkat pertumbuhan naik 11,2 poin persentase dibandingkan periode Januari-Februari.

Yang disebut sebagai perusahaan internet besar adalah perusahaan yang berfokus pada layanan internet dan layanan terkait lainnya dengan pendapatan bisnis tahunan minimal 5 juta yuan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022