Samarinda (ANTARA) - Ustaz Murjani Zuhri, dalam khutbah yang disampaikan saat menjadi Khatib Shalat Idul Fitri 1443 di Masjid Agung Pelita Samarinda, Kaltim, Senin, mengajak umat Muslim saling mencintai, bukan sekadar cinta sesama manusia, tapi juga cinta lingkungan dan alam semesta.

"Ramadhan telah menempa kita untuk menguatkan cinta kita kepada Allah, cinta kepada sesama manusia, dan cinta kepada alam semesta, karena Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin, kasih sayang bagi seluruh alam," ujarnya dalam khutbah yang dihadiri lebih 2.000 jamaah tersebut, Senin.

Sebulan penuh menjalani ibadah puasa dan sekarang menikmati kemenangan karena berhasil melawan hawa nafsu selama Ramadhan, maka kemenangan ini harus dimaknai dalam kehidupan sehari-sehari untuk saling mengasihi.

Puasa, katanya, tampak luar adalah menahan lapar dan dahaga, namun itu hanya bungkusnya, karena makna sesungguhnya adalah menahan amarah, menahan rasa dengki, menahan dari berbagai jenis perbuatan keji dan mungkar, sehingga setelah berpuasa sebulan dan hari ini berlebaran, harus dapat dimaknai untuk selalu berbuat baik kepada sesama.

Baca juga: Bupati Pesisir Selatan dan warga khusyuk Shalat Id meski diguyur hujan

Baca juga: Warga Bandung Shalat Id di Alun-alun hingga tutup Jalan Cihampelas


"Dalam kehidupan ini, jangan mengejar bungkus luarnya, namun mengabaikan substansinya. Kekayaan hanyalah bungkusnya, namun kedermawanan dan keikhlasan itulah isinya. Istri cantik dan suami tampan adalah bungkusnya, tetapi keluarga sakinah adalah isinya. Jabatan adalah bungkusnya, tetapi pengabdian dan pelayanan itulah isinya," Mujarni.

Ia juga berdoa untuk semua semoga ajaran selama Ramadhan, mampu mengajarkan umat untuk membangun visi dan misi sebagai umat Muhammad SAW, sehingga Muslim bisa hadir sebagai umat yang membangun kemajemukan dalam berbangsa dan bernegara, karena hal ini merupakan kemuliaan sebagai mana yang diajarkan Islam.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Pelita Samarinda Khairani Saleh, sebelum Shalat Id melaporkan, sedekah dan infak selama Ramadhan atau pada 2-30 April 2022 senilai Rp54,5 juta.

Dana sebesar ini digunakan untuk berbagai kegiatan selama Ramadhan antara lain berbuka puasa, sahur, dan operasional lainnya dengan nilai Rp34 juta, sehingga saldo masih ada senilai Rp20 juta lebih.

Ia mengucapkan terima kasih kepada hamba Allah yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk kemakmuran masjid tersebut, kemudian berdoa semoga Allah memberikan pahala yang berlipat.

Sedangkan zakat yang diterima oleh panitia zakat di masjid yang berlokasi di Jalan Pelita, Kelurahan Sungai Pinang Dalam ini hingga Minggu, 1 Mei 2022, total muzaki yang mengeluarkan zakat fitrah sekitar 20.600 orang, kemudian zakat tersebut telah disalurkan kepada warga yang berhak menerima zakat.*

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Shalat Idul Fitri di Masjid At-Thohir

Baca juga: Sejumlah tokoh politik tunaikan Shalat Idul Fitri di JIS

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022