Jakarta (ANTARA) - Perusahaan yang mengembangkan NFT tersohor Bored Ape, Yuga Labs, dikabarkan telah meraup 285 juta dolar AS atau setara Rp4,1 triliun usai menjual tanah secara virtual dalam dunia virtual yang tengah dibangunnya.

Dana yang bernilai fantastis itu berbentuk aset kripto dan didapatkan dari hasil penjualan "Otherdeeds".

Mengutip Reuters, Senin, "otherdeeds" nantinya dapat ditukar menjadi sebidang tanah virtual di dunia maya khusus Bored Ape yang disebut "Otherside".

"Otherdeeds" memang dikhususkan agar hanya dapat dibeli menggunakan aset kripto khusus bernama ApeCoin yang diluncurkan pada Maret 2022 untuk para penggemar Bored Ape Yacht Club.

Yuga Labs menyebutkan ada 55.000 "Otherdeeds" untuk dijual, dengan harga masing-masing 305 ApeCoin.

Perusahaan itu pun mengumumkan bahwa aset virtual itu sudah habis terjual.

Itu artinya penjualan itu telah menghasilkan 16.775.000 ApeCoin, senilai sekitar 285 juta dolar AS pada hari Minggu, menurut perhitungan berdasarkan harga ApeCoin di bursa aset kripto Coinbase.

Tidak jelas bagaimana dana itu akan didistribusikan, meskipun perusahaan mengatakan ApeCoin akan "dikunci" selama satu tahun.

Penjualan tersebut menunjukkan permintaan tinggi yang berkelanjutan untuk aset kripto spekulatif dan berisiko tinggi yang terkait dengan dunia virtual online atau kita kini mengenalnya dengan istilah metaverse.

NFT sebagian besar tidak diatur, dan laporan penipuan, pemalsuan, dan manipulasi pasar sering terjadi.

Sementara banyak yang bingung dengan gagasan membayar uang nyata untuk tanah yang tidak ada secara fisik, beberapa NFT berupa tanah virtual telah menghasilkan jutaan dolar.

Metaverse "Otherside" akan menjadi lingkungan permainan multi-pemain yang saat ini masih dalam pengembangan.

Yuga Labs menolak untuk mengatakan berapa banyak orang yang bekerja untuk membangun Otherside atau kapan akan diluncurkan.

Penjualan "Otherdeeds" Yuga Labs datang tak lama setelah akun Instagram resmi Bored Ape Yacht Club diretas dan tautan phishing diunggah, memungkinkan scammer mencuri NFT korban.

Bored Ape Yacht Club dikenal sebagai salah satu koleksi yang diminati oleh para pesohor dunia termasuk Paris Hilton, Justin Bieber, hingga Madonna.

Dengan fokus mengembangkan metaverse, pada Maret 2022 Yuga Labs yang merupakan kreator dari Bored Ape Yacht Club mendapatkan pendanaan sebesar 450 juta dolar AS.

Baca juga: Kreator "Bored Ape" raih Rp6,4 triliun untuk kembangkan metaverse

Baca juga: InvestaX tokenkan Bored Ape #2371

Baca juga: Universal Music gunakan NFT "Bored Ape" buat grup musik virtual

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022