Belitung, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyelenggarakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di halaman kantor bupati setempat dengan diikuti unsur forkopimda dan ratusan masyarakat di daerah itu.

Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Senin, mengatakan Shalat Idul Fitri di halaman kantor bupati setempat kembali dilaksanakan setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah, pelaksanaan Shalat Idul Fitri di halaman kantor bupati bisa kembali kita laksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Dalam pelaksanaan Shalat Id tersebut, Bupati Sahani Saleh bertindak sebagai khatib, sedangkan imam Shalat Idul Fitri adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung M.Z. Hendra Caya.

Baca juga: Khatib: Jalani hidup penuh dengan optimisme

Ia mengaku terharu atas penyelenggaraan kembali Shalat Idul Fitri di lokasi tersebut setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi COVID-19.

"Suasana haru sangat terasa, karena memang dua tahun akibat pandemi pelaksanaan Shalat Idul Fitri tidak bisa dilaksanakan di sini (lapangan, red.), makanya tadi saya membacakan khotbah dengan haru bahkan sampai ingin menangis," ujarnya.

Dia mengajak umat Islam di daerah itu memaknai Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dengan meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

"Semua ini harus kita syukuri sebagai hamba yang tahu diri atas nikmat yang tidak tergantikan dalam setiap embusan napas kita yang telah Allah berikan kepada kita selama ini," katanya.

Baca juga: Warga Pangkalpinang padati TPU usai Shalat Idul Fitri
Baca juga: Umat Islam laksanakan Shalat Id perdana di Waterfront City Labuan Bajo
Baca juga: Ridwan Kamil: Shalat Id di 56 ribu tempat di Jabar berlangsung lancar

Pewarta: Kasmono
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022