Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau menyatakan Kota Batam menyusul tiga kabupaten di wilayah itu, nihil kasus aktif COVID-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana, di Kota Tanjungpinang, Senin, mengatakan Batam nihil kasus aktif setelah seorang pasien sembuh dari COVID-19.

"Alhamdulillah, sehari setelah Kabupaten Natuna nihil kasus aktif COVID-19, kini Batam yang nihil kasus aktif," kata mantan Kadis Kesehatan Kepri itu.

Kabupaten Kepulauan Anambas sejak tiga pekan lalu nihil kasus aktif COVID-19, sementara di Kabupaten Lingga tidak ada lagi pasien COVID-19 sejak pekan lalu.

Baca juga: Kasatgas COVID-19 minta Batam-Bintan antisipasi usai karantina dihapus

Baca juga: 219 pekerja migran Indonesia positif COVID-19 dirawat di RSKI Galang


Total jumlah pasien COVID-19 di Kepri sebanyak 15 orang, tersebar di Tanjungpinang delapan orang, Kabupaten Bintan tinggal empat orang, dan di Kabupaten Karimun tiga orang.

"Tinggal satu kota dan dua kabupaten yang masih ada pasien COVID-19. Mudah-mudahan segera sembuh," ucapnya.

Tjetjep mengungkapkan seluruh kabupaten dan kota di Kepri ditetapkan sebagai Zona Kuning atau risiko penularan rendah. Pemerintah telah membuka aktivitas sosial masyarakat, termasuk mengijinkan pelaksanaan pawai takbiran tadi malam dan Salat Id tadi pagi.

Ia mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk tetap waspada di saat mobilitas penduduk antarpulau dan antarprovinsi semakin tinggi agar Kepri ditetapkan sebagai zona hijau.

"Kondisi sekarang sudah kembali normal meski harus tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas," ujarnya.*

Baca juga: 889 warga Batam sembuh dari COVID-19 dalam sepekan

Baca juga: Pulang dari Malaysia-Singapura, 249 pekerja migran positif COVID-19

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022