Surabaya sudah kangen melakukan Shalat Id
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan momen Hari Raya Idul Fitri tahun ini menjadi tonggak semangat untuk menggerakkan ekonomi di Kota Pahlawan, Jawa Timur, setelah dua tahun vakum akibat pandemi.

"Sudah seyogyanya kita harus mensyukuri betul nikmat ini. Semoga dengan Shalat Idul Fitri ini kita bisa menjaga Kota Surabaya ini dari pandemi COVID-19, dan menjadi tonggak semangat kita untuk menggerakkan ekonomi Surabaya," kata Wali Kota Eri Cahyadi usai Shalat Id di Balai Kota Surabaya, Senin.

Wali Kota Eri juga mengaku bersyukur karena warga Surabaya antusias mengikuti Shalat Id di Balai Kota Surabaya. Dia juga yakin bahwa tidak hanya di Balai Kota Surabaya saja yang ramai, tapi juga di tempat lainnya di Surabaya juga penuh dan ramai.

"Ini menunjukkan bahwa warga Surabaya sudah kangen melakukan Shalat Id," kata dia.

Baca juga: Masyarakat Samarinda antusias Shalat Id sambut Lebaran
Baca juga: Gubernur NTB shalat Idul Fitri di Masjid Hubbul Wathan

Menurut dia, Idul Fitri adalah momentum untuk saling memaafkan setelah sebulan penuh berpuasa Ramadhan.

Menurut dia, hari kemenangan ini tidak akan sempurna jika masih punya salah atau khilaf sehingga hubungan sesama manusia harus dilakukan hari ini, yaitu dengan saling memaafkan.

Dengan saling memaafkan, lanjut dia, maka akan memiliki semangat baru yang tujuan akhirnya hanya satu, yaitu membahagiakan seluruh warga Surabaya.

"Perbedaan itu hal biasa, salah dan khilaf adalah tempatnya manusia, sehingga kesempurnaan adalah saling memaafkan," ujar dia.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor dampingi Prabowo Shalat Idul Fitri di Hambalang
Baca juga: Gibran dan keluarga Shalat Id di Balai Kota Surakarta

Selain itu, Wali Kota Eri juga menjelaskan bahwa setelah Shalat Id di Balai Kota Surabaya itu, dia juga meminta maaf kepada orang tuanya. Bahkan, dia juga mengajak warga Surabaya untuk langsung meminta maaf kepada orang tuanya di momen lebaran ini.

"Ketika meminta maaf kepada orangnya, saya juga minta tolong, mohon didoakan agar Surabaya ini dijauhkan dari bala dan penyakit, sehingga Surabaya bisa menjadi kota yang selalu aman dan sejahtera di bawah perlindungan Gusti Allah SWT," ujar dia. 

Baca juga: Ribuan WNI shalat Id di 15 kota di Taiwan

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022