Objek wisata buka, hanya saja protokol kesehatan lebih ditingkatkan karena kemungkinan jumlah pengunjung membludak
Paser, Kaltim (ANTARA) - Objek wisata di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, buka atau beroperasi menerima pengunjung selama libur panjang Idul Fitri 1443 H dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Objek wisata buka, hanya saja protokol kesehatan lebih ditingkatkan karena kemungkinan jumlah pengunjung membludak," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar ) Paser Muksin di Tanah Grogot, Senin.

Ia memperkirakan masyarakat yang berkunjung ke objek wisata pada Lebaran 2022 ini akan meningkat dibanding dua tahun sebelumnya.

Baca juga: Arus mudik di Kabupaten Penajam Paser Utara terpantau masih lengang

Hal itu tidak terlepas dari larangan berkerumun selama pandemi termasuk di objek wisata dalam mencegah penyebaran COVID-19 yang mulai dilonggarkan.

Seiring dengan meredanya penyebaran COVID-19 pemerintah setempat memutuskan membuka objek wisata.

"Namun, kami imbau kepada masyarakat agar tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19," ucap Muksin.

Baca juga: Adat Dayak Paser berharap IKN tidak matikan adat dan budaya di Kaltim

Dikatakannya, dengan meningkatnya jumlah pengunjung di objek wisata, diingatkan kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati, terutama di objek wisata yang rawan terjadi kecelakaan seperti di air terjun.

Muksin meminta masyarakat mengikuti arahan petugas yang berada di objek wisata demi keselamatan diri dan keluarga.

Disporapar Paser, lanjut Muksin, telah membekali sarana penunjang keselamatan di seluruh objek wisata yang dikelola pemerintah.

Baca juga: Pendonor darah di PMI Paser selama Ramadhan meningkat

"Untuk menjaga keselamatan pengunjung, di tempat yang rawan seperti air terjun Doyam Seriam, kami siapkan pelampung. Di objek wisata lain juga kami bekali, menyesuaikan dengan kondisi," kata Muksin.

Bukan hanya objek wisata yang dikelola pemerintah saja, Muksin juga mengimbau pengelola objek wisata lain untuk selalu memperhatikan keselamatan pengunjung.

Baca juga: Dinas Damkar Paser imbau warga waspada kebakaran selama Ramadhan

Pewarta: Gunawan Wibisono/R.Wartono
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022