Jika program KBR ini berjalan dengan baik dan sukses, maka pada 2011, ada satu juta batang bibit kayu yang dihasilkan di daerah itu. Bibit ini akan kita bagikan kepada masyarakat di daerah tersebut.
Bengkulu (ANTARA News) - Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu pada 2011 membuat sebanyak 20 unit kebun bibit rakyat di sejumlah kecamatan di daerah itu.

"Distanhutbun Bengkulu Tengah pada 2011 diberikan jatah oleh Kemenhut untuk membuat kebun bibit rakyat (KBR) sebanyak 20 unit di daerah itu," kata Kepala Distanhutbun Bengkulu Tengah, Durani Usman, di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan, setiap KBR akan membuat bibit kayu penghijauan sebanyak 50.000 batang. Bibit tersebut selanjutkan dibagikan kepada masyarakat dan organisasi untuk ditanam di lahan-lahan kosong di daerah itu.

Sedangkan dana pembuatan KBR berasal dari bantuan Kemenhut sebesar Rp50 juta/KBR. Biaya sebesar ini termasuk pembelian pupuk, kantong plastik dan biaya operasional kelompok tani.

Sebab, pembuatan KBR di lakukan oleh kelompok tani yang ditetapkan oleh Distanhutbun Kabupaten Bengkulu Tengah. Hal ini dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dari Kemenhut.

"Jika program KBR ini berjalan dengan baik dan sukses, maka pada 2011, ada satu juta batang bibit kayu yang dihasilkan di daerah itu. Bibit ini akan kita bagikan kepada masyarakat di daerah tersebut," ujarnya.

Durani mengatakan bibit kayu penghijauan yang akan diproduksi KBR di daerah itu, antara lain bibit kayu dan buah-buahan. Untuk bibit kayu meliputi kayu bambang lanang dan sengon.

Sedangkan bibit buah-buah terdiri dari mangga, durian, rambutan dan pala. "Bibit buah-buahan akan kita berikan secara gratis kepada masyarakat di daerah tersebut," ujarnya.

Bibit kayu dan buah-buahan ini, jika tidak kendala akan kita dibagikan kepada masyarakat Bengkulu Tengah pada Desember 2012. Dengan demikian, bibit tersebut dapat ditanam masyarakat di lahan kosong di sekitar tempat tinggalnya atau di kebun miliknya.

Dengan demikian, ke depan lahan kosong di Bengkulu Tengah ditelah ditanami bibit kayu dan buah-buahan, sehingga selain lahan gersang menjadi hijau juga daerah ini ke depan akan menghasilkan kayu dan buah-buah dalam jumlah besar, katanya.


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011