Jakarta (ANTARA) - Andy Muray mendesak Dominic Thiem, yang kembali berkompetisi setelah cedera, untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya ketika petenis Inggris itu berhasil mengklaim kemenangan 6-3 6-4 pada babak pertama Madrid Open, Selasa.

Kemenangan ini adalah kemenangan pertamanya di lapangan tanah liat dalam lima tahun terakhir.

Thiem kembali dari cedera pergelangan tangan yang terjadi pada 10 bulan empat pekan dan belum merasakan kemenangan di salah satu dari empat pertandingan yang dia ikuti sejauh ini.

Mantan petenis nomor satu dunia Murray, yang telah menghabiskan beberapa musim berurusan dengan masalah pinggul dan pemulihan dari operasi, menyemangati Thiem pada akhir pertandingan mereka di Caja Magica.

"Saya harap kamu segera sembuh. Saya senang melihat Anda kembali, teruskan, itu membutuhkan banyak waktu tetapi Anda akan baik-baik saja," kata Murray kepada mantan juara US Open saat mereka berjabat tangan di depan net, dikutip dari AFP, Selasa.

Murray, yang awalnya berniat untuk melewatkan musim tanah liat, membuat penampilan mengejutkan di Madrid.

Dia berencana bermain di ibukota Spanyol itu, serta turnamen ATP 1000 pekan depan di Roma sebelum mengalihkan fokusnya ke musim rumput bulan depan.

Juara dua kali Madrid Open, Murray, mendapat keuntungan dari 33 kesalahan sendiri yang dilakukan Thiem saat dia membukukan tempat pada babak kedua untuk bertemu Denis Shapovalov yang mengalahkan sesama petenis kidal Ugo Humbert dengan dua set langsung.

"Saya menikmatinya. Saya mempersiapkan diri dengan sangat keras sebelum datang ke sini, bekerja keras dan benar-benar ingin melanjutkan dan menampilkan performa bagus di sana dan saya merasa saya melakukannya,” kata Murray setelah kemenangan.

Di sektor putri, mantan petenis nomor satu dunia Simona Halep mencatatkan kemenangan ke-30 dalam kariernya di Madrid Open, mengatasi petenis Amerika Coco Gauff 6-4 6-4 di babak ketiga.

Halep bangkit dari ketertinggalan 1-4 pada set kedua untuk melewati Gauff pada menit ke-77.

"Saya merasa seperti saya memainkan persis apa yang harus saya mainkan," kata Halep.

"Di set kedua dia sedikit berubah, dia lebih agresif dan tidak mudah untuk menyesuaikan diri. Tapi pada akhirnya saya mendorongnya ke belakang dan saya melakukan apa yang ingin saya lakukan."


Baca juga: Jabeur rayakan Idul Fitri dengan kemenangan atas Bencic di Madrid Open
Baca juga: Djokovic masih berjuang secara mental untuk kembali tahun ini
Baca juga: Halep singkirkan Badosa di Madrid Open
Baca juga: Raducanu atasi tantangan awal di Madrid Open


 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022