"Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lokawisata Baturraden pada hari pertama Lebaran, Senin (2/5), tercatat sebanyak 1.600 orang. ...
Purwokerto (ANTARA) - Berbagai objek wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mulai dipadati wisatawan yang memanfaatkan momentum hari kedua Lebaran 2022, Selasa.

Dari pantauan di ruas Jalan Raya Baturraden, Banyumas, rombongan wisatawan yang menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi tampak berjalan beriringan menuju sejumlah objek wisata yang ada di Kecamatan Baturraden seperti Lokawisata Baturraden, Wanawisata Baturraden, dan New Small World.

Kendati belum menunjukkan peningkatan signifikan, kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Baturraden terpantau meningkat jika dibanding hari-hari biasa sebelum Lebaran khususnya hari Sabtu dan Minggu.

Baca juga: 4 juta wisatawan diprediksi berwisata di kabupaten Sukabumi

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani mengakui sejumlah objek wisata di Banyumas mulai dipadati wisatawan pada hari kedua Lebaran 2022, salah satunya Lokawisata Baturraden.

"Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lokawisata Baturraden pada hari pertama Lebaran, Senin (2/5), tercatat sebanyak 1.600 orang. Hari ini (3/5) hingga pukul 12.00 WIB tercatat sudah hampir 3.000 orang," katanya.

Ia memperkirakan jumlah wisatawan pada momentum liburan Lebaran 2022 akan terus meningkat dengan puncak kunjungan akan berlangsung pada hari Sabtu (7/5) atau Minggu (8/5).

Menurut dia, sejumlah objek wisata yang dikelola swasta pun telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung untuk menyambut wisatawan, khususnya yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

"Semoga cuaca cerah sehingga kunjungan wisatawan ke Baturraden tetap tinggi," kata Asis.

Baca juga: Sejumlah objek wisata di Surabaya buka selama Lebaran

Selain di Baturraden, Menara Pandang Teratai di Jalan Bung Karno, Purwokerto, Banyumas, yang dibuka sejak 27 April 2022 juga ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Salah seorang wisatawan, Indah mengaku sengaja menyempatkan untuk berwisata di destinasi wisata baru itu bersama keluarga.

"Kebetulan saya sedang mudik untuk menengok orang tua di Purwokerto. Jadi, saya menyempatkan datang ke sini (Menara Pandang Teratai, red.) untuk sekadar melihat keindahan Purwokerto dari ketinggian," kata pemudik dari Madiun itu.

Sementara itu, sebuah objek wisata baru milik Pemerintah Kabupaten Banyumas, yakni Taman Apung Mas Kemambang juga segera dibuka untuk menyambut wisatawan pada momentum Lebaran 2022.

Taman Apung Mas Kemambang sebelumnya dikenal dengan nama Bale Kemambang. Nama baru tersebut digunakan setelah objek wisata yang berada di Jalan Karangkobar, Purwokerto, direnovasi total dan diperluas.

"Taman Apung Mas Kemambang akan dibuka mulai hari ini (3/5), pukul 16.00 WIB. Tiket masuk hanya sebesar Rp10.000 per orang," kata Bupati Banyumas Achmad Husein. 

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022