Tawaran promosi pun beragam salah satunya potongan harga hingga 50 persen
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta menjadi alternatif tujuan wisata belanja warga Ibu Kota untuk mengisi libur Lebaran 1443 Hijriah dengan memberi tawaran potongan harga yang menarik.

Pusat perbelanjaan Grand Indonesia (GI) di Jakarta Pusat, Selasa, mulai dipadati pengunjung sejak mal itu dibuka pukul 10.00 WIB pada hari kedua libur Lebaran.

Pengunjung mulai ramai sejak hari pertama Lebaran Senin (2/5) yang saat itu beroperasi pukul 12.00 WIB.

Adapun mal akan tutup pukul 22.00 WIB dengan kapasitas yang diizinkan mencapai 75 persen sesuai ketentuan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua di Jakarta.

Petugas pengamanan setempat melaksanakan pemeriksaan ketat di sisi timur dan barat mal baik untuk keamanan dan protokol kesehatan termasuk memindai status vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi.

Tawaran promosi pun beragam salah satunya potongan harga hingga 50 persen untuk sejumlah produk mulai kuliner, fesyen hingga alas kaki yang ditawarkan oleh mitra atau gerai di GI.

Tak hanya di Grand Indonesia, pusat perbelanjaan Kota Kasablanka di Jakarta Selatan juga dipadati pengunjung pada hari kedua Lebaran sejak dibuka pukul 11.00 WIB.

Sama seperti mal lainnya, setiap pengunjung wajib menunjukkan status hijau pada aplikasi PeduliLindungi serta pemeriksaan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker.

Sejumlah mitra atau gerai di mal tersebut juga menawarkan potongan harga menarik misalnya diskon hingga 60 persen khusus kepada pelajar atau mahasiswa untuk pembelian minuman merek tertentu.

Potongan harga bervariasi juga ditawarkan untuk kepada pengunjung untuk beberapa produk fesyen, kuliner hingga perawatan wajah.

Sementara itu, pemandangan serupa juga terlihat di Mal Ciputra World yang dipadati pengunjung khususnya ketika jam makan siang.

Pengunjung diperkirakan akan terus bertambah di sejumlah pusat perbelanjaan hingga malam hari atau menjelang makan malam.
Sejumlah gerai fesyen di Grand Indonesia menawarkan promosi potongan harga serangkaian Hari Raya Idul Fitri di Jakarta, Selasa (3/5/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna


Pemprov DKI melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta menjadikan wisata belanja sebagai salah satu referensi bagi masyarakat untuk mengisi libur panjang Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Ada museum, taman dan hutan kota, taman rekreasi, taman margasatwa, pusat perbelanjaan, dan tempat kuliner," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata di Jakarta, Sabtu (30/4).

Adapun wisata belanja dapat dilakukan di antaranya di sejumlah mal atau pusat perbelanjaan sesuai daftar yang disusun Disparekraf DKI.

Mal itu di antaranya Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Pasific Place, Senayan Park, Senayan City, Plaza Senayan, Aeon JGC, Lippo Plaza Kramat Jati, Lippo Mal Puri, Lotte Mart, Mal Ciputra, Mall of Indonesia.

Kemudian, PGC Mall, Pondok Indah Mal, Mal Puri Indah, Mal Taman Anggrek, Central Park Mal, Neo Soho Mal, Sedayu City Mal, Season City, dan Slipi Plaza Jaya.

Sedangkan wisata kuliner di antaranya di Jalan Sabang, Pecenongan, Blok S, Blok M, Kawasan Kelapa Gading, Pantjoran PIK, Mbloc dan Pos Bloc.
Baca juga: Pemerintah tambah kapasitas bioskop di DKI menjadi 75 persen
Baca juga: GI perkirakan pengunjung naik hingga 10 persen selama Ramadhan
Baca juga: Pemprov DKI larang kegiatan "midnight sale" di mal jelang Lebaran

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022