Ambon (ANTARA) - PT. Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Pattimura Ambon memprediksi puncak arus balik pada H+5 pascaperayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Prediksi kenaikan pergerakan penumpang dan pesawat antara 10 persen hingga 20 persen pada April dan Mei jika dibandingkan Maret 2022," kata Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon, Aditya Narendra di Ambon, Maluku, Selasa.

Menurut dia, kapasitas terminal Bandara Pattimura memang telah disiapkan dalam mengantisipasi lonjakan penumpang dalam jumlah besar seperti memasuki perayaan hari-hari besar keagamaan.

Baca juga: Puncak arus balik di Bandara Belitung diperkirakan pada H+5 Lebaran

Sehingga peningkatan jumlah penumpang mudik Lebaran sejak H-7 yang mencapai 4.000-an orang datang maupun berangkat bisa terlayani dan terpantau dengan baik.

"Jumlah penumpang datang pada Senin, (2/5) di saat perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah adalah 571 orang menggunakan delapan penerbangan dan penumpang berangkat 537 orang yang juga dilayani delapan penerbangan," ujarnya.

Namun pergerakan penumpang dan pesawat akan kembali mengalami lonjakan setelah usai perayaan Idul Ftiri.

"Diperkirakan akan terjadi lonjakan arus penumpangan karena orang yang mudik ke Ambon atau sebaliknya akan kembali ke Kota Ambon setelah usai perayaan Idul Fittri tahun ini," ucap Aditya.

 

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022