Lampung Selatan (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno mengimbau agar masyarakat yang hendak melaksanakan perjalanan kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan agar menyiapkan tiket kapal yang dibeli dari berbagai gerai yang ada, sebelum memasuki pelabuhan.

"Hal ini dilakukan Untuk mencegah adanya kepadatan atau penumpukan kendaraan yang hendak kembali ke Pulau Jawa pada arus balik ," terang irjen pol Hendro Sugiatno, saat jumpa pers usai menggelar rapat terbatas dalam upaya rekayasa pengendalian arus balik di ruang rapat Kantor ASDP Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Selasa.

Ia menyebutkan, masyarakat pengguna jasa pelabuhan penyeberangan dapat langsung membeli tiket di outlet di beberapa lokasi rest area yang dibantu oleh petugas otoritas Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

Baca juga: Menhub imbau pemudik kembali lebih awal atau setelah 8 Mei 2022

Adapun lokasi penjualan tiket tersebut di antaranya Jalan Lintas Sumatera dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Di Jalan Lintas Sumatera terdapat di RM Siang Malam, Penengahan Lampung Selatan dan RM Tiga Saudara, Ketapang, serta Rumah Makan Raja Alam, Lampung Selatan.

"Untuk JTTS ada petugas pembantu yang langsung memberikan arahan kepada pengendara yang membeli tiket untuk menyeberang di pelabuhan, masyarakat jangan di buat khawatir, adanya di rest area KM 49, KM 87 B, serta KM 20B," ujarnya.

Hendro juga mengharapkan masyarakat agar pulang lebih awal saat ini agar tidak ada kepadatan atau penumpukan di pelabuhan, serta masyarakat diminta untuk memeriksakan kesiapan kendaraan serta fisik masing-masing penumpang.

"Jika lelah silahkan langsung beristirahat, dan terdapat kendala segera menghubungi petugas melalui layanan call center 110 ataupun mendatangi petugas di pos-pos yang telah di bangun," tambahnya.

Baca juga: Presiden imbau pemudik kembali lebih awal hindari kepadatan arus balik
Baca juga: AP I prediksi puncak arus balik pada H+5

 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022