Jakarta (ANTARA) - Hari raya Idul Fitri atau Lebaran tidak hanya identik dengan hangatnya silaturahmi ke sanak keluarga. Momentum libur pangjang di musim Lebaran juga jadi waktu yang tepat untuk berwisata, bahkan sudah dimulai di hari kedua Lebaran tahun 2022 ini.

Arus lalu lintas menuju lokasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, misalnya, yang macet hingga satu kilometer pada Selasa (3/5).

Kasatlantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan kemacetan itu terjadi akibat antrean di pintu masuk menuju TMII di Jalan Hankam.

"Arus lalu lintas bisa kita lihat sedikit ada kepadatan karena antrean walaupun sudah kita buka empat pintu. Namun demikian secara keseluruhan masih bisa mengalir lancar," kata Edy Surasa di Jakarta, Selasa.

Tidak hanya di Jakarta, berbagai objek wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mulai dipadati wisatawan yang memanfaatkan momentum hari kedua Lebaran 2022, misalnya di Kecamatan Baturraden seperti Lokawisata Baturraden, Wanawisata Baturraden, dan New Small World.

Kendati belum menunjukkan peningkatan signifikan, kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Baturraden terpantau meningkat jika dibanding hari-hari biasa sebelum Lebaran khususnya hari Sabtu dan Minggu.

Sementara itu, warga Kota Bandung dan luar Kota Bandung menghabiskan waktu libur Lebaran 2022 hari kedua dengan berwisata di Taman Alun-alun Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Berbagai aktivitas bisa dilakukan oleh warga yang datang berlibur ke Taman Alun-alun Kota Bandung seperti bermain di rumput hijau sintetisnya hingga berfoto-foto.

Bahkan, Pantai Mutun di Kabupaten Pesawaran, Bandarlampung, juga mulai didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Pantauan di jalan raya menuju pusat wisata bahari di Kabupaten Pesawaran, sudah mulai banyak kendaraan berplat nomor dari luar Lampung (BE), misal dari Sumsel (BG), Jakarta (B) dan sejumlah kota di Jawa.

Kondisi serupa juga terjadi di Pariaman, Sumatera Barat. Sejumlah objek wisata di Kota Pariaman, Sumatera Barat mulai banyak dikunjungi wisatawan yang berasal dari berbagai daerah pada Lebaran 2022 hari kedua.

Dari pantauan objek wisata di Pariaman yang mulai banyak dikunjungi wisatawan yaitu di antaranya Talao Pauah, Gandoriah, Pantai Cermin, Pantai Kata, Pasie Sunue.

Baca juga: Kemenhub: Pergerakan penumpang arus mudik terus menurun

Wisata belanja

Selain wisata alam, sejumlah mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta menjadi alternatif tujuan wisata belanja warga Ibu Kota untuk mengisi libur Lebaran 1443 Hijriah dengan memberi tawaran potongan harga yang menarik.

Pusat perbelanjaan Grand Indonesia (GI) di Jakarta Pusat, Selasa, mulai dipadati pengunjung sejak mal itu dibuka pukul 10.00 WIB pada hari kedua libur Lebaran.

Tak hanya di Grand Indonesia, pusat perbelanjaan Kota Kasablanka di Jakarta Selatan juga dipadati pengunjung pada hari kedua Lebaran sejak dibuka pukul 11.00 WIB.

Sementara itu, pemandangan serupa juga terlihat di Mal Ciputra World yang dipadati pengunjung khususnya ketika jam makan siang.

Pengunjung diperkirakan akan terus bertambah di sejumlah pusat perbelanjaan hingga malam hari atau menjelang makan malam.

Pemprov DKI melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta menjadikan wisata belanja sebagai salah satu referensi bagi masyarakat untuk mengisi libur panjang Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Ada museum, taman dan hutan kota, taman rekreasi, taman margasatwa, pusat perbelanjaan, dan tempat kuliner," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata di Jakarta, Sabtu (30/4).

Adapun wisata belanja dapat dilakukan di antaranya di sejumlah mal atau pusat perbelanjaan sesuai daftar yang disusun Disparekraf DKI.

Mal itu di antaranya Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Pasific Place, Senayan Park, Senayan City, Plaza Senayan, Aeon JGC, Lippo Plaza Kramat Jati, Lippo Mal Puri, Lotte Mart, Mal Ciputra, Mall of Indonesia.

Kemudian, PGC Mall, Pondok Indah Mal, Mal Puri Indah, Mal Taman Anggrek, Central Park Mal, Neo Soho Mal, Sedayu City Mal, Season City, dan Slipi Plaza Jaya.

Sedangkan wisata kuliner di antaranya di Jalan Sabang, Pecenongan, Blok S, Blok M, Kawasan Kelapa Gading, Pantjoran PIK, Mbloc dan Pos Bloc.

Baca juga: H+1 Lebaran, TMII dikunjungi 19.449 orang

Baca juga: H+1 Lebaran, pengunjung Taman Impian Jaya Ancol meningkat 58 persen

Diminta kembali lebih awal

Pemerintah telah menetapkan libur cuti bersama dan Lebaran tahun ini mulai 29 April-6 Mei 2022.

Kendati libur cuti bersama Lebaran tahun ini masih cukup panjang, yakni hingga akhir pekan ini, pemudik diimbau untuk kembali dari kampung halaman lebih awal guna mengurangi kepadatan saat arus balik.

Presiden RI Joko Widodo mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran untuk kembali dari kampung halaman lebih awal guna menghindari kepadatan dalam arus balik.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak/ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal," kata Presiden dalam pernyataan terkait dengan arus balik Lebaran yang disampaikan virtual dari Gedung Agung Yogyakarta, Selasa.

Presiden mengatakan bahwa pemudik juga bisa kembali setelah puncak arus balik, yang diprediksi terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022 untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Presiden menekankan bahwa Pemerintah akan selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat, termasuk mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas, guna mengurai kemacetan.

"Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah atau one way, dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman. Demikian yang bisa saya sampaikan, terima kasih," kata Presiden.

Momentum Lebaran menjadi istimewa bukan hanya karena bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak keluarga, tapi juga jadi kesempatan untuk bisa berwisata dan liburan.

Meski demikian, pemudik diharapkan bisa mengatur waktu liburannya agar bisa kembali ke wilayah asal dengan nyaman sehingga tidak terjebak kemacetan sebelum kembali bekerja dan beraktivitas di kota asal.

Baca juga: Menhub imbau pemudik kembali lebih awal atau setelah 8 Mei 2022

Baca juga: Polri konsentrasi amankan objek wisata saat libur Lebaran


Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022