Belitung, Babel (ANTARA) - Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan Belitung menjadi zona aman penyebaran COVID-19 setelah tidak ditemukan lagi kasus aktif di daerah itu.

"Alhamdulillah, mulai Selasa (3/5), kasus COVID-19 di Belitung sudah kosong dan tidak ada lagi," kata Ketua Harian Satgas COVID-19 Belitung, MZ. Hendra Caya di Tanjung Pandan, Rabu.

Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung mencatat jumlah kasus COVID-19 di daerah itu sejak Maret 2020 sebanyak 10.466 kasus, sembuh 10.209 dan meninggal dunia 257 kasus.

"Setelah satu pasien yang menjalani isolasi kemarin dinyatakan sembuh maka Belitung saat ini nihil kasus aktif COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Satgas tetapkan Belitung Timur PPKM level 1 COVID-19

Baca juga: Satgas: Bangka Belitung nihil penambahan kasus COVID-19


Menurut dia, hal ini merupakan suatu keberhasilan bagi semua pihak dan masyarakat yang selama ini telah membantu pemerintah dalam mempercepat berakhirnya pandemi COVID-19.

"Salah satunya adalah dengan mengikuti program vaksinasi serta tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Kendati demikian, masyarakat diminta untuk tidak terlena dan kendur dalam menjalankan protokol kesehatan meskipun sudah tidak ditemukan lagi kasus COVID-19.

"Kami harapkan masyarakat tetap waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.*

Baca juga: Dinkes: Kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Belitung menurun

Baca juga: Kapolri tinjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Belitung

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022