Painan (ANTARA) - Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar menyatakan Dinas Pariwisata, Dinas PU dan BPBD agar dapat meningkatkan kesiagaan di tiap destinasi wisata, seiring cuaca yang kurang baik.
 
Pemerintah Kabupaten bersama TNI dan Polri sejak awal telah menyiapkan personel yang dilengkapi peralatan kedaruratan dan kebencanaan di seluruh destinasi sebagai antisipasi terjadinya kondisi luar biasa yang tidak diinginkan.
 
"Harus ditingkatkan kesiapannya sesuai kondisi. Karena keselamatan, keamanan serta kenyamanan wisatawan jadi prioritas utama bagi kami," kata Bupati di Painan.
 
Kondisi cuaca selama sepekan terakhir terlihat agak ekstrem seiring meningkatnya intensitas hujan disertai badai, namun hal itu belum memicu terjadinya bencana alam seperti banjir atau tanah longsor.

Baca juga: Libur Lebaran 500 ribu orang diprediksi padati wisata Pesisir Selatan

Baca juga: Mengintip geliat pariwisata di Lakitan Tengah Pesisir Selatan
 
Arus kenderaan masih terlihat cukup lancar melintasi ruas Jalan Lingkar Barat Sumatera (Jalinsum) yang ada di Pesisir Selatan dan belum ada laporan terkait kebencanaan, khususnya yang menutup badan jalan.
 
Bupati melanjutkan pemerintah kabupaten juga meminta pada Dinas Pariwisata untuk menyosialisasikan pada pengunjung terkait perkembangan cuaca terkini, sehingga para wisatawan bisa lebih waspada.
 
Selain itu memastikan tempat wisata tersedia pelampung atau alat keselamatan lainnya sebagai perlindungan pertama bagi setiap penumpang. Bagi kapal yang belum memiliki peralatan keselamatan sebaiknya istirahat dulu.
 
"Karena ini menyangkut keselamatan orang. Perangkat daerah terkait kami minta segera berkoordinasi dan mengecek kelengkapan keselamatan kapal wisata," ujar bupati.
 
Meski begitu, dirinya tetap mengimbau pada wisatawan juga harus lebih berhati-hati selama bermain dan menikmati eloknya alam daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.
 
"Jika terjadi sesuatu sebaiknya segera lapor pada petugas piket di posko pengamanan terdekat. Kami telah siagakan semuanya," tutur Bupati.
 
Sementara BMKG memprakirakan di Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan Dharmasraya pada Rabu, 4 April bakal terjadi hujan berintensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang.
 
Sedangkan untuk malam harinya menurut BMKG cuaca terpantau cerah berawan dan dini hari berawan dan diperkirakan suhu rata-rata 25 derjat-30 derajat, dengan kelembaban 80-95 persen.
 
Wisatawan mulai memadati destinasi wisata Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat diantaranya Pantai Carocok, Mandeh dan air terjun Bayang Sani menikmati musim libur lebaran 1443 Hijriah 2022 Masehi.
 
Keramaian lalu lintas kenderaan pribadi maupun bus pariwisata menuju kawasan Carocok Painan dan KWBT Mandeh dari berbagai daerah mulai terlihat sejak Selasa dini hari, 3 April.
 
Sejumlah petugas dari Kepolisian Resor setempat dibantu Dinas Perhubungan telah membuat rekayasa arus masuk dan keluar kenderaan yang hendak dan pergi dari area wisata.*

Baca juga: Anggrek Putih jadi ikon objek wisata Air Terjun Palano Pesisir Selatan

Baca juga: Kemenpar targetkan aturan KEK Mandeh tuntas 2020

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022