Kupang (ANTARA) - Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gelombang laut dengan ketinggian hingga 4 meter berpotensi melanda di empat titik wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Gelombang dengan ketinggian 2,5 meter hingga 4 meter berpotensi melanda Laut Sawu bagian selatan, Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu, perairan selatan Kupang-Rote dan Samudera Hindia selatan Kupang-Rote," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Syaeful Hadi di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan dengan prakiraan cuaca dan ancaman gelombang tinggi di wilayah perairan NTT.

Ancaman gelombang setinggi hingga 4 meter tersebut berpotensi terjadi selama tiga hari ke depan yaitu di Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu pada 5-7 Mei, Laut Sawu Bagian selatan pada 6-7 Mei.

Baca juga: BMKG imbau wisatawan waspada gelombang saat berwisata di Labuan Bajo

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang 2,5 meter lima titik perairan NTT


Selain itu perairan selatan Kupang-Rote dan Samudera Hindia selatan Kupang-Rote pada 6-7 Mei.

Syaeful Hadi mengatakan potensi gelombang tinggi ini perlu diwaspadai karena beresiko tinggi terhadap pelayaran kapal feri.

"Oleh karena itu operator kapal feri perlu mencermati kondisi cuaca ini secara baik demi keamanan dan keselamatan pelayaran," katanya.

Menyinggung terkait kondisi gelombang secara umum, Syaeful Hadi menjelaskan umumnya wilayah perairan NTT berpotensi dilanda gelombang rendah (0,0-0,5 meter) hingga sedang (1,25-2,5 meter) selama beberapa hari ke depan.

Ancaman gelombang sedang ini juga perlu diwaspadai terutama kapal tongkang dan perahu nelayan.

Sementara itu berdasarkan analisis kondisi sinoptik menunjukkan bahwa umumnya angin bertiup dari arah Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan 1-6 Skala Beaufort.*

Baca juga: BMKG beri peringatan cuaca ekstrem Manggarai Barat hingga 5 Mei

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini kebakaran hutan-lahan di NTT

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022