Jakarta (ANTARA) - Blibli mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara berkelanjutan dengan menggelar "Bazaar UMKM Wow" di Rest Area KM 360 Batang pada 27 April - 8 Mei 2022 dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Bazaar UMKM Wow" melibatkan 16 UMKM binaan Dinas Koperasi UMKM di 5 Kab/Kota (Kab Batang, Kab Kendal, Kab Semarang, Kab Pekalongan dan Kab Purbalingga), dengan produk craft, fashion dan makanan.

"Sebuah kehormatan bagi Blibli untuk menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan berbagai program yang mendorong pertumbuhan UMKM, mulai dari pendampingan hingga membuka akses pasar yang lebih luas serta memperkuat UMKM dalam menelurkan produk-produk berkualitas dan bersaing di pasar,” ujar Andreas A.Pramaditya, VP Galeri Indonesia, Blibli dalam siaran pers, Rabu.

Ia juga menambahkan, “Pada kesempatan ini, Blibli bekerja sama dengan Pemprov Jateng mendorong pertumbuhan para pelaku UMKM yang berasal dari Jawa Tengah. Memanfaatkan momen Lebaran tahun ini, kami berharap melalui bazar ini produk-produk UMKM Jawa Tengah bisa lebih dikenal sehingga makin banyak produk lokal yang bisa berjaya di negeri sendiri dan bisnis UMKM dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.”

Baca juga: Ramadhan bisa jadi momentum untuk ganti peralatan dapur

Dra. Ema Rachmawati, M.HUM, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa Pemerintah Jawa Tengah mengapresiasi komitmen Blibli untuk mendorong program pemerintah dalam mendigitalisasi UMKM Jawa Tengah.

"Kami berterima kasih atas dukungan berkelanjutan dari Blibli dari program parsel lebaran secara online hingga berlanjut pada Bazaar UMKM Wow semasa periode mudik agar produk-produk UMKM Jawa Tengah makin dikenal. Kami berharap sinergi seperti ini dapat menjadi inspirasi daerah lainnya," kata dia.

Pada Bazaar UMKM Wow, Blibli menghadirkan pengalaman belanja yang lebih nyaman dan hemat bagi seluruh pengunjung. Hal tersebut dilakukan dengan menyediakan beragam promo menarik khusus produk parsel dan UMKM Jawa Tengah mulai dari ngabuburit flash sale mulai dari Rp10.000 sampai penawaran diskon hingga 60 persen.

Promo yang ada didukung dengan keberadaan para seller UMKM unggulan dari Blibli yang menyediakan produk-produk seperti makanan & minuman, fashion hingga kerajinan kriya.

Kolaborasi antara Blibli dan Pemprov Jateng dalam memajukan UMKM Jawa Tengah telah berjalan sejak lama. Program Blibli Bazaar UMKM Wow ini merupakan kelanjutan dari kesuksesan program Parsel edisi UMKM Jawa Tengah yang digelar Blibli secara daring hingga 30 April 2022.

Program tersebut merupakan hasil sinergi antara Blibli, Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jawa Tengah, dan ASPOO Jateng itu sendiri.

Pelanggan bisa mendapatkan parsel unik berisi produk-produk UMKM Jawa Tengah di toko resmi ASPOO Jateng dengan voucher ekstra diskon, gratis ongkir, dan metode pembayaran yang lengkap.

Selain itu, sebagai obat rindu pada kampung halaman atau ide bingkisan lebaran, Blibli menyediakan pilihan kuliner, seni kriya, fesyen dan berbagai produk UMKM terbaik dari Jawa Tengah dapat dikunjungi di laman kurasi UMKM Gayeng.

Blibli juga mencatat pertumbuhan total permintaan produk UMKM Jawa Tengah tercatat mengalami kenaikan sebesar 3x lipat untuk periode year-on-year Q1/2021 vs Q1/2022.

"Dalam menyediakan pilihan produk terlengkap untuk pelanggan Blibli, kami akan menggandeng lebih banyak UMKM dan produk lokal terbaik bergabung di platform kami," pungkas Andreas.

Baca juga: Perkuat ekosistem omnichannel, Blibli sabet Best CEO Awards 2022

Baca juga: Blibli dan tiket.com hadirkan widget SSO mudahkan akses antar platform

Baca juga: Jangan dibuang, Blibli ajak manfaatkan bekas kemasan belanja "online"

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022