Jakarta (ANTARA) - Kepala Pos Koordinasi Angkutan Laut Lebaran Pelabuhan Tanjung Priok AKP Weni Sianipar mengatakan hingga satu hari setelah Lebaran 2022 (H+1) belum tampak kedatangan penumpang yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu.

"Hingga siang ini belum ada kedatangan penumpang yang mudik dari kampung halaman," kata Weni Sianipar ketika ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu.

Namun, lanjut dia, jadwal kedatangan penumpang yang mudik di Pelabuhan Tanjung Priok diperkirakan tiba pada pukul 23.00 WIB dengan menggunakan Kapal KM Umsini dari wilayah Timur, seperti Surabaya, namun jumlah kedatangan penumpang belum diketahui.

Baca juga: 42.165 penumpang lintasi Pelabuhan Bakauheni

Di Pelabuhan Tanjung Priok, kata dia, diberangkatkan KM Nggapulu ke wilayah Surabaya sebanyak 275 penumpang.
Kepala Pos Koordinasi Angkutan Laut Lebaran Pelabuhan Tanjung Priok AKP Weni Sianipar. (ANTARA/Syaiful Hakim)


"Mereka penumpang biasa, bukan penumpang mudik. Arus mudik kan sudah lewat. Kapal berangkat pada Rabu pagi pukul 09.25 WIB," Weni Sianipar.

Baca juga: Presiden cermati antrean pemudik di Pelabuhan Merak-Bakauheni
Baca juga: Polda Lampung siapkan skema antisipasi kemacetan di arus balik


Menurut pantauan ANTARA di lapangan pada Rabu siang tidak tampak penumpang yang tiba maupun berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Hanya ada beberapa petugas kepolisian, seperti Brimob yang tampak "standby" untuk melakukan pengamanan di Pelabuhan Tanjung Priok.

Berdasarkan data Humas Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok menyebutkan sejak tanggal 17 April (H-15) sampai 30 April (H-2) sudah ada 26 kapal yang datang dan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok.
 
Dalam periode tersebut, ada 7.457 penumpang yang naik dan 7.262 orang yang turun.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022