Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres di Jakarta Barat memperkirakan peningkatan arus balik akan dimulai pada Sabtu pekan ini dengan kebanyakan penumpang akan tiba dari beberapa daerah di Jawa dan Sumatera.

"Untuk arus balik memang masih sepi yang terlihat tiba. Kemungkinan akan terlihat meningkat itu nanti pada hari Sabtu, Ahad dan Senin," ujar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain ketika ditemui di Terminal Kalideres, Jakarta Barat pada Rabu.

Revi mengatakan sehari setelah Lebaran hari kedua, belum terjadi peningkatan signifikan kedatangan penumpang di Terminal Kalideres.

Menurutnya, penumpang yang kembali via Terminal Kalideres akan mulai secara perlahan meningkat jumlahnya sejak Jumat pekan ini. Namun, kenaikan yang besar baru akan mulai terlihat sejak Sabtu sampai dengan Senin.

Baca juga: DKI tiadakan operasi yustisi saat arus balik Lebaran

Baca juga: DKI perkirakan pendatang baru mencapai hingga 50 ribu


Kedatangan penumpang sudah terjadi di Kalideres meski jumlahnya tidak terlalu besar dan kebanyakan berasal dari wilayah lain di Pulau Jawa seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Tapi belum terlalu banyak, masih sedikit. Mulai Jumat akan terlihat berasal dari Jawa Tengah, Padang (Sumatera Barat), Lampung dan Palembang (Sumatera Selatan," katanya.

Ditemui di Terminal Kalideres, Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar mengatakan pihaknya juga mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang yang tiba di terminal tersebut.

Telah disiagakan puluhan petugas untuk memastikan keamanan untuk mengantisipasi peningkatan kedatangan penumpang yang dia perkirakan akan dimulai puncaknya terjadi Sabtu.

"Kita antisipasi arus balik diperkirakan puncaknya nanti di malam Sabtu sama malam Ahad karena hari Senin sudah mulai masih kerja," ujar Syafri.*

Baca juga: Kedatangan penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok pada H+1 belum tampak

Baca juga: KAI catat pelanggan kereta api masih tinggi pada saat Lebaran

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022