Bandung (ANTARA) -
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandung kembali memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di Simpang Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu atau H+1 Lebaran 2022.
 
Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan pengalihan arus lalu lintas itu dilakukan guna mengurangi beban kendaraan yang mengarah ke timur, atau ke jalur wisata, seperti Pantai Pangandaran atau pantai lainnya.
 
"Kendaraan dari arah Jakarta kita alihkan ke Leles atau Kadungora (Garut) sehingga terpecah menjadi dua sehingga tidak semuanya terfokus ke arah Tasikmalaya," kata Kusworo di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Baca juga: Meski pemudik meningkat, arus di Nagreg tetap terkendali
 
Sejak Rabu pagi, arus kendaraan dari arah Bandung atau Jakarta yang mengarah ke timur mengalami kepadatan di Nagreg. Bahkan kepadatan yang terjadi lebih panjang dibandingkan pada arus mudik sebelum Lebaran 2022.
 
Dengan adanya pengalihan arus lalu lintas, menurutnya, situasi kendaraan yang mengarah ke Tasikmalaya atau ke arah timur bisa lebih lancar.

Baca juga: Arus mudik di Jalur Nagreg lancar pada H-1 Lebaran
Baca juga: Bupati Bandung: Macet Nagreg tak parah karena ada infrastruktur baru
 
Dia mengatakan pengalihan arus lalu lintas dilakukan secara situasional dengan melihat kondisi lalu lintas di wilayah tetangga, yakni Limbangan, Kabupaten Garut karena jika kepadatan terjadi di kawasan itu, maka ekornya akan sampai hingga Nagreg.
 
"Kita akan terus monitor dengan wilayah-wilayah lain, tentunya ini tidak terlepas dari kondisi di Garut maupun Tasikmalaya," katanya.
 
Adapun arus kendaraan di Nagreg yang mengarah ke timur masih lebih banyak dibandingkan arus kendaraan yang mengarah ke barat hingga H+1 siang ini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022